Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ajak UMKM Gabung E-commerce, Luhut: Anda Bisa Jadi Pengusaha Terkenal

Oleh sebab itu, Luhut ingin ada Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia untuk membeli produk dalam negeri yang didukung beberapa platform digital yakni Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, Gojek dan Grab.

Bergabungnya UMKM ke platform digital lanjut Luhut, akan memperkuat daya saing produk RI terhadap negara-negara lain. Ia yakin Indonesia akan semakin diperhitungkan di mata dunia.

"Langkah-langkah sekarang kita mulai promosikan ini, kerja sama semua lintas kementerian, ini semua pemain-pemain di dalam UMKM, pemerintah memfasilitasi untuk bisa semua masuk di dalam online ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (14/5/2020).

Gerakan #BanggaBuatanIndonesia untuk #BeliProdukIndonesia merupakan upaya mendorong penjualan produk ekonomi kreatif atau produk UMKM lainnya ke platform online.

Luhut kembali menjelaskan bahwa UMKM merupakan pilar dari perekonomian di Indonesia serta memiliki peran penting. Oleh sebab itu, dirinya berharap semua UMKM dapat bergabung bersama-sama memajukan kualitas serta produk Indonesia. 

Ditambah lagi kata Luhut, pemerintah telah mengalokasikan dana buat pelaku UMKM sebesar Rp 34,1 triliun agar tetap bertahan di masa pandemi.

“Ayo ajak teman-teman yang lain, buatlah brand yang bagus, Anda bisa juga jadi pengusaha yang sangat terkenal dengan memanfaatkan platform ini. Pemerintah memberikan pelatihan dan pemerintah juga memberikan Rp 34,1 triliun yang diberikan kepada UMKM ini," ucapnya.

Sebagai Ketua Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), dirinya merasa senang sekali dengan adanya platform online karena bisa membantu penjualan produk UMKM.

https://money.kompas.com/read/2020/05/14/143257626/ajak-umkm-gabung-e-commerce-luhut-anda-bisa-jadi-pengusaha-terkenal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke