Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Periode Ramadhan dan Lebaran, BJB Siapkan Uang Tunai Rp 13,3 Triliun


BANDUNG, KOMPAS.com - Selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1441 Hijriah, Bank BJB memproyeksikan kebutuhan uang tunai sebesar Rp 13,3 triliun.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengatakan, jumlah tersebut akan dialokasikan Rp9,7 triliun untuk pemenuhan kebutuhan operasional dan ketersediaan dana di ATM.

“Kemudian, Rp 3,6 triliun di seluruh jaringan kantor Bank BJB yang tersebar di 14 provinsi di Indonesia,” ujar Widi dalam video conference, Kamis (14/5/2020).

Widi mengungkapkan, jumlah dana yang disalurkan telah disesuaikan dengan proyeksi kebutuhan selama Ramadan dan Idulfitri 1441 H.

Pihaknya memprediksi, kebutuhan uang masyarakat mengalami kenaikan dari segi volume transaksi melalui ATM bjb maupun pengambilan uang tunai di jaringan kantor bank bjb.

Selain untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan lebaran, dana likuiditas ini ditujukan untuk menunjang kebutuhan keuangan termasuk guna melakukan stimulasi di tengah situasi pandemi Covid-19.

Penukaran uang

Untuk memenuhi kebutuhan uang tunai yang mendesak, Bank BJB tetap menerima layanan penukaran uang selama Ramadhan di seluruh jaringan kantor perseroan.

Penukaran uang dilakukan dengan memerhatikan standar protokol kesehatan Covid-19. Seperti pemeriksaan suhu tubuh, memakai masker, menjaga jarak fisik, dan lainnya.

“Saat ini sudah ada nasabah yang menukarkan uang. Tapi jumlahnya belum banyak,” ungkap Widi.

Widi menjelaskan, Bank Indonesia sebagai penerbit uang tunai sudah melakukan langkah antisipasi dini, termasuk dengan mengkarantina uang Rupiah selama 14 hari sebelum diedarkan ke masyarakat.

Selain itu, membersihkan sarana perkasan dengan menggunakan cairan disinfektan secara berkala.

Terkait dengan layanan kas keliling Ramadan untuk sementara ditiadakan karena pandemi Covid-19.

“Masyarakat diimbau untuk memanfaatkan transaksi non tunai melalui layanan digital banking,” pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2020/05/14/174000426/periode-ramadhan-dan-lebaran-bjb-siapkan-uang-tunai-rp-13-3-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke