Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MIND ID Terbitkan Obligasi Global Senilai 2,5 Miliar Dollar AS

Direktur Utama MIND ID, Orias Petrus Moedak mengatakan, keberhasilan penerbitan obligasi terbesar di antara perusahaan pertambangan di Asia ini menunjukkan kepercayaan investor global terhadap prospek jangka panjang perusahaannya.

“Dengan tercapainya besaran pendanaan yang dibutuhkan dan target tingkat kupon yang diinginkan, penerbitan obligasi ini memperlihatkan kepercayaan investor terhadap kemampuan MIND ID dalam mengelola portofolio pembiayaan dan menjaga likuiditas,” ujar Orias saat teleconference dengan wartawan, Jumat (15/5/2020).

Orias menambahkan, global bonds tersebut dipasarkan di Singapura, Hong Kong, London, dan New York. Obligasi yang diterbitkan MIND ID ini mengalami kelebihan permintaan 6,4 kali dari penawaran yang diumumkan.

Adapun global bonds ini terdiri dari tiga masa jatuh tempo. Pertama, sebesar 1 miliar dollar AS dengan tingkat kupon 4,750 persen dan tenor hingga 2025.

Kedua, senilai 1 miliar dollar AS dengan tingkat kupon 5,450 persen dan tenor hingga 2030.

Ketiga, sebesar 500 juta dollar AS dengan tingkat kupon 5,800 persen dan tenor hingga 2050.

Dana yang didapat dari penerbitan surat utang global ini akan digunakan untuk pembelian kembali sebagian dari total obligasi senilai 4 miliar dollar AS yang pernah diterbitkan perusahaan pada 2018.

Lalu, untuk digunakan akuisisi strategis perusahaan-perusahaan yang dapat mendukung mandat MIND ID. Selanjutnya untuk membantu pelunasan pembiayaan-pembiayaan yang ada di grup MIND ID.

Sebelum MIND ID, PT Hutama Karya (Persero) telah menerbitkan surat utang global sebesar 600 juta dollar AS. Sedangkan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk juga ikut menerbitkan global bonds senilai 500 juta dollar AS.

Dengan demikian dalam dua pekan terakhir global bond yang sudah diterbitkan BUMN mencapai 3,6 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 54 triliun.

https://money.kompas.com/read/2020/05/15/120200526/mind-id-terbitkan-obligasi-global-senilai-2-5-miliar-dollar-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke