Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dana yang Dikelola Danareksa Tetap Tumbuh di Tengah Pandemi

Total AUM tersebut dialokasikan pada instrumen pendapatan tetap termasuk obligasi pemerintah dan obligasi korporasi dengan total investasi lebih dari 60 persen.

Chief Executive Officer DIM, Marsangap P. Tamba, menyebutkan per kuartal I-2020 pangsa pasar DIM tercatat tumbuh dari 4,2 persen menjadi 4,8 persen.

"Kami tentu akan menyesuaikan diri dengan kebutuhan Investor dan perkembangan ekonomi untuk dapat memberikan nilai tambah jangka panjang buat para Investor," kata Marsangap Tamba melalui video conference, Jumat (15/5/2020).

Walaupun risiko adalah bagian melekat dalam aktivitas berinvestasi, pengelolaan risiko secara terukur dan mengkaji risiko keputusan investasi tetap menjadi bagian dari proses investasi di DIM. Sementara itu, portofolio saham DIM untuk produk reksadana berbasis saham kini ditempatkan rata-rata pada saham-saham berkapitalisasi besar dengan histori laba yang baik.

Tingkat likuditas dari berbagai portfolio DIM saat ini cukup tinggi dan ditempatkan pada bank-bank besar atau rata-rata pada bank buku III. Preferensi ini cukup penting untuk menopang kelanjutan investasi jangka panjang.

"Kami menyadari fluktuasi jangka pendek akan terus berlanjut di masa yang sulit ini. Pemilihan terhadap instrumen yang lebih likuid dan berkualitas tinggi tentunya akan terus menjadi fokus kami sambil memantau peluang yang mungkin terjadi," kata dia.

Kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan ekonomi Indonesia hanya tumbuh 2,97 persen pada triwulan pertama tahun 2020 atau lebih dari separuhnya jika dibanding dengan periode sama tahun lalu yakni 4,97 persen.

Pasar modal juga sudah bereaksi dengan kondisi ekonomi yang tidak pasti ini. IHSG terkoreksi tajam ke level terendahnya dalam tahun ini pada 24 Maret lalu dan cenderiung bergerak flat pada level 4.500.

Marsangat mengatakan, kebersamaan pemerintah dan masyarakat sangat diperlukan untuk melewati masa situasi sulit ini untuk bergegas masuk ke era new normal atau tatanan baru kehidupan usai wabah dari virus corona menerjang.

https://money.kompas.com/read/2020/05/15/210100926/dana-yang-dikelola-danareksa-tetap-tumbuh-di-tengah-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke