Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Situs Tandingan Prakerja Bikin Tutorial Instal Windows 10 Gratis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di media sosial ramai diperbincangkan berbagai pelatihan online Kartu Prakerja dengan bayaran yang cukup mahal. Contohnya, pelatihan belajar instal Windows 10 yang dihargai sebesar Rp 260.000.

Sejumlah netizen melontarkan kritik, di mana menurut mereka, cara menginstal Windows 10 bisa dilakukan dengan mudah atau tinggal menekan tombol "next atau selanjutnya", namun di Kartu Prakerja, untuk pembelajaran tahapannya harus membayar Rp 260.000.

Baru-baru ini, situs tandingan Kartu Prakerja, Prakerja.org juga meluncurkan tutorial online cara menginstal Windows 10. Bedanya, situs ini bisa diakses tanpa perlu membayar alias gratis.

Prakerja.org muncul sebagai bentuk kritik pada kursus online Kartu Prakerja yang berbayar. Prakerja.org menyediakan berbagai kursus online secara gratis dan bisa diakses untuk semua orang lewat laman Prakerja.org.

"Dalam video kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap tentang cara instal Windows 10 terbaru 2019. Video ini sudah kami buat dengan sangat jelas dan lengkap mulai dari persiapan bahan hingga proses penginstalan Windows 10," tulis Prakerja seperti dilihat pada Selasa (19/5/2020).

Modul materi berbentuk video tutorial yang melekat di Youtube dengan materi antara lain menyiapkan installer Windows 10 ke flasdisk, setting bios, langkah proses instal, dan mengatur Windows saat pertama kali digunakan.

Di Prakerja.org, pelatihan gratis instal Windows 10 disediakan oleh trainer bernama Mr Giga.

"Mr Giga adalah channel yang berisi tutorial tentang Windows serta cara mengatasi error yang terjadi di saat kita akan memainkan games atau menjalankan sebuah aplikasi. Kami akan selalu berusaha membuat video sebaik mungkin agar dapat dengan mudah dimengerti oleh kawan-kawan semuanya," tulis Prakerja.org.

Website Prakerja.org muncul sebagai bentuk kritik kepada pemerintah yang menggulirkan program Kartu Pekerja di mana peserta bisa mengikuti kursus berbayar, namun biaya kursusnya ditanggung pemerintah atau APBN di tengah pandemi Covid-19.

Pelatihan online Kartu Prakerja menuai kritik karena harga paket kursusnya yang mahal dengan materi-materi dianggap dasar dan banyak ditemukan gratis di internet.

"Prakerja.org adalah bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program Kartu Prakerja. Lihat manifesto lengkap kami. Anda bisa bergabung dalam aksi nyata dengan menghubungi kami," tulis admin Prakerja.org.

Berbeda dengan program Kartu Pekerja yang diluncurkan pemerintah, semua kursus online di situs ini tak dipungut biaya sama sekali. Selain itu, setiap orang bisa ikut berkontribusi menyumbang konten modul pelatihan.


"Semua bisa Anda dapat dengan gratis. Pilih kategori sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami akan menyediakan tutorial yang berguna," tulis Prakerja.org.

Pada website juga terdapat akun media sosial Prakerja.org seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Media sosial ini berguna untuk memberikan update pelatihan terbaru yang disediakan di situs tersebut.

Tak kalah dengan platform pelatihan di Kartu Prakerja, Prakerja.org menyediakan beragam pelatihan yang cukup lengkap untuk meningkatkan keterampilan yang diklaim tanpa tujuan mendapatkan keuntungan atau komersial.

Ada 5 kategori pelatihan online yang disediakan antara lain wirausaha dan ide bisnis, pengembangan diri, bisnis dan keuangan, teknologi software, serta bisnis digital.

Beberapa kelas yang tersedia antara lain cara memulai bisnis katering, cara memasarkan produk makanan, cara bikin camilan Lebaran, tips ampuh memulai yoga, nabung saham, hingga belajar PHP untuk pemula.

Bahkan, situs ini juga menyediakan pelatihan online lewat live streaming. Di mana narasumber atau trainer menulis jadwal pelatihan yang diselenggarakannya lewat IG live maupun Zoom Meeting.

Contohnya pelatihan online yang diselenggarakkan oleh Anggaripeni Mustikasiwi yang menyediakan pelatihan digital "Google Form untuk Rubrik Penilaian" dari Indonesia Berani.

https://money.kompas.com/read/2020/05/19/093723426/situs-tandingan-prakerja-bikin-tutorial-instal-windows-10-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke