Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Industri Ritel Diprediksi Alami Perbaikan Paling Cepat Pasca Pandemi Covid-19

Legal Partner Grant Thornton Indonesia Kurniawan Tjoetiar mengatakan, pasca-Covid-19 konsumsi masyarakat dipastikan akan tumbuh kembali.

Oleh karenanya, industri ritel sebagai pemasok utama konsumsi masyarakat diprediksi akan mengalami pertumbuhan signifikan setelah pandemi Covid-19 berlalu.

"Rebound paling cepat akan terjadi di sektor ritel. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan sehari-hari masyarakat," ujarnya dalam sebuah diskusi virtual, Selasa (19/5/2020).

Selain itu, sektor pariwisata juga diprediksi akan mengalami perbaikan setelah terpuruk cukup dalam akibat keberadaan pandemi Covid-19.

Menurut Kurniawan, melihat trend yang ada saat ini, khususnya pada kalangan milenial, industri pariwisata akan kebanjiran permintaan setelah Covid-19 berlalu.

"Kita melihat indikasi banyak kaum milenial meniympan uang untuk berpergian," katanya.

Kendati demikian, Kurniawan menilai sektor pariwisata harus merubah pendekatannya. Dimana setelah pandemi Covid-19, kesehetan dan keselamatan akan menjadi salah satu prioritas utama masyarakat.

"Pendekatannya bukan lagi low cost, tapi lebih ke safety dari segi kenyamanan dan keselamatan terjaga, meski perlu membayar premium," tuturnya.

Lebih lanjut, Kurniawan menyarankan kepada pemerintah untuk menjaga angka konsumsi masyarakat, demi mendukung perbaikan ekonomi nasional dari sektor riil.

"Sepanjang ekonomi ke menengah ke bawah bisa dihidupkan pemerintah, dampaknya perekomomian akan cepat pulih," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/05/19/211800626/industri-ritel-diprediksi-alami-perbaikan-paling-cepat-pasca-pandemi-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke