Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekonomi Terhantam Corona, China Tak Pasang Target Pertumbuhan PDB

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China melakukan keputusan langka dengan tidak memasang target pertumbuhan ekonomi 2020 lantaran ketidakpastian yang disebabkan pandemi virus corona (Covid-19).

"Saya ingin menekankan bahwa kami tidak memiliki target spesifik mengenai pertumbuhan ekonomi tahun ini." ujar Perdana Menteri China Li Keqiang seperti dikutip dari CNBC, Jumat (22/5/2020).

"Hal ini disebabkan akibat negara kita tengah menghadapi beberapa faktor yang sulit untuk diprediksi perkembangannya akibat ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 serta dampaknya terhadap perekonomian dunia dan perdagangan internasional," jelas dia.

Kata sambutan Li yang diungkapkan dalam sebuah laporan kinerja merupakan bagian acara dari pertemuan parlemen tahunan.

Pertemuan itu telah ditunda selama dua bulan pelaksanaannya untuk tahun ini akibat wabah virus corona yang mulai terjadi di China akhir tahun lalu, dan telah menyebar ke seluruh dunia.

Sebagai dampaknya, beberapa analis memprediksi Li bakal mengungkapkan target pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) selain untuk tahun 2020.

Adapun tahun lalu, PDB China tumbuha 6,1 persen, hal tersebut membuat pemerintah sebenarnya telah mematok target pertumbuhan tahun ini di kisaran 6 persen hingga 6,5 persen.

Namun demkian, di kuartal I tahun ini perekonomian China mengalami kontraksi yang cukup dalam, yaitu tumbuh -6,8 persen dengan tingkat pengangguran yang mencatatkan rekor tertinggi sepanjang masa.


Meski data-data menunjukkan adanya perbaikan di April, namun pemerintah menekankan kekhawatiran mengenai pertumbuhan yang tetap tertekan lantaran virus corona telah tersebar ke negara-negara lain di dunia.

Ekonomin pun telah memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi China. Adapun pada akhir Maret lalu, China International Capital Corporation (CICC) telah memangkas proyeksi pertumbuhan PDB China menjadi di kisaran 2,6 persen dari sebelumnya 6,1 persen.

Meski tak mengungkapkan terget pertumbuhan PDB, pemerintah China tetap mengungkapkan target data-data perekonomian lain seperti tingkat kebekerjaan dan inflasi.

Li menekankan, memastikan rakyat China untuk bisa tetap memiliki pekerjaan merupakan salah satu prioritas pemerintah, sama halnya seperti yang dilakukan pemerintah setempat tahun ini. Beijing menargetkan, tingkat pengangguran di China sebesar 6 persen tahun ini.

Angka tersebut meningkat dari target tahun lalu yang sebesar 5,5 persen. Sementara pemerintah menjanjikan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia sebanyak lebih dari 9 juta, lebih rendah dari target tahun lalu yang sebanyak 11 juta.


https://money.kompas.com/read/2020/05/22/103300326/ekonomi-terhantam-corona-china-tak-pasang-target-pertumbuhan-pdb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke