Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perusahaan-perusahaan Global Ini Bakal Terapkan WFH secara Permanen

NEW YORK, KOMPAS.com - Pagebluk virus corona (Covid-19) telah memaksa banyak perusahaan menerapkan kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi para pegawainya.

Awalnya, perubahan pola kerja ini menghadapi banyak tantangan dan hambatan. Namun, lama-kelamaan para pegawai mulai terbiasa produktif kerja di rumah.

Beberapa perusahaan besar pun mulai mempertimbangkan untuk mengizinkan para pegawai kerja dari rumah secara permanen, meski nanti virus corona sudah berakhir.

Dilansir dari CNN, Senin (25/5/2020), berikut ini sejumlah perusahaan yang mengizinkan para pegawainya WFH selamanya alias permanen.

1. Facebook

Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg menyatakan, sebanyak 50 persen pegawai Facebook dapat bekerja dari rumah dalam lima hingga 10 tahun ke depan.

Zuckerberg mengutarakan ide ini sebagai upaya pemenuhan aspirasi pegawai dan untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi yang lebih luas.

"Ketika Anda membatasi perekrutan kepada orang-orang yang hidup di kota-kota besar atau bersedia pindah ke sana, maka ini akan memangkas (kesempatan) bagi orang-orang yang hidup di lingkungan yang berbeda, memiliki latar belakang yang berbeda, dan perspektif yang berbeda," jelas Zuckerberg dalam unggahan pada akun Facebook pribadinya.

2. Twitter

Twitter akan mengizinkan sejumlah pegawainya kerja dari rumah "selamanya" apabila mereka memilih demikian.

Pihak Twitter tidak menjelaskan secara spesifik posisi-posisi pekerjaan yang diperbolehkan kerja dari rumah. Namun, Twitter menyatakan, pengalaman kerja dari rumah dalam beberapa bulan terakhir menunjukkan bahwa kebijakan itu bisa diterapkan dalam jangka panjang.

"Apabila pegawai-pegawai kami berada dalam peran dan situasi yang memungkinkan mereka kerja dari rumah dan mereka ingin meneruskan hal itu, kami akan mewujudkannya. Jika tidak, kantor-kantor kami akan terus menyambut mereka dengan hangat, dengan sejumlah protokol tambahan, ketika kondisi aman untuk kembali (kerja di kantor)," ujar Jennifer Christie, Vice President of People Twitter.


3. Square

Square, perusahaan yang juga didirikan oleh CEO Twitter Jack Dorsey, berencana mengizinkan pegawainya terus kerja dari rumah ketika virus corona berakhir.

Square ingin para pegawai dapat bekerja di manapun dan di lingkungan yang sesuai bagi mereka.

"Ke depan, (para pegawai) Square akan dapat bekerja dari rumah secara permanen, bahkan ketika kantor-kantor telah dibuka kembali," kata juru bicara Square.

4. Shopify

CEO Shopify Tobi Lutke mengumumkan bahwa dunia kerja telah mengalami perubahan.

"(Pekerjaan yang) tersentralisir di kantor sudah berakhir. Shopify adalah perusahaan digital," tulis Lutke pada akun Twitter pribadinya.

Lutke mengatakan, Shopify yang merupakan platform e-commerce untuk usaha kecil, akan tetap menutup kantor-kantornya hingga tahun 2021. Tahun ini, Shopify akan merancang ulang kantornya untuk menghadapi new normal.

Kemudian, sebagian besar pegawai akan kerja dari rumah secara permanen.

5. Groupe PSA

Perusahaan otomotif Perancis PSA mengumumkan "era baru kecerdasan," di mana para pegawai non produksi akan bekerja dari rumah.

"Dengan adanya pengalaman positif dan upaya-upaya efisien yang dilakukan karena krisis Covid-19, Group PSA memutuskan untuk memperkuat teleworking dan membuatnya sebagai tolok ukur bagi aktivitas yang tidak secara langsung berkaitan dengan produksi," ungkap pihak PSA.


PSA berencana merancang ulang kantor-kantornya untuk memungkinkan kolaborasi pegawai jika dibutuhkan. Pun PSA bakal memungkinkan pegawai memiliki keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan, serta mobilitas yang lebih mudah.

PSA, yang memproduksi mobil Peugeot, Citroen, DS, Opel, dan Vauxhall, menyatakan kebijakan WFH yang baru ini akan diterapkan pada musim panas tahun ini.

6. Box

CEO Box Aaron Levie menulis dalam blog pribadinya bahwa para pegawai Box yang jumlahnya hampir 2.000 orang bebas bekerja dari mana pun hingga akhir tahun ini.

Menurut Levie, sebelum virus corona melanda, sebanyak 15 persen pegawai Box bekerja dari luar kantor. Angka tersebut diprediksinya bakal terus meningkat.

Levie juga menyatakan, ke depannya rapat-rapat akan tetap diadakan secara virtual. Para pegawai pun akan diberikan tunjangan untuk memudahkan kerja dari rumah.

https://money.kompas.com/read/2020/05/25/124651526/perusahaan-perusahaan-global-ini-bakal-terapkan-wfh-secara-permanen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke