Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BNI Syariah Raih Laba Bersih Rp 214 Miliar pada Kuartal l 2020

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank BNI Syariah mencatatkan laba bersih kuartal I tahun 2020 sebesar Rp 214 miliar. 

Angka ini naik 58,1 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu sebesar Rp 135 miliar.

"Memang secara bottom line dampak Covid-19 ini belum terasa, tapi kami sudah mengantisipasi di kuartal-kuartal berikutnya, tentu dampak ini terasa secara bisnis dan kualitas aset. Ya mudah-mudahan dampak ini bisa kita minimize sampai akhir tahun kita bisa making profit,” kata Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo dalam konferensi pers virtual, Kamis (28/5/2020).

Abdullah juga menyebutkan, BNI Syariah mencatatkan kenaikan realisasi penyaluran pembiayaan, yakni Rp 32,32 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 29,4 triliun.

Penyaluran pembiayaan pada segmen tertinggi yakni pada pembiayaan konsumer, yang naik 48,6 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp 15,71 triliun, sedangkan periode sebelumnya mencapai Rp 14,2 triliun.

Sementara itu, pembiayaan komersial bertumbuh 24,8 persen (yoy) dengan nilai pembiayaan Rp 8 triliun, sedangkan tahun lalu Rp 6,6 triliun.

Untuk pembiayaan mikro, realisasi pada kuartal I 2020 mencapai Rp 5,1 triliun atau naik 15,9 persen dari periode sama tahun lalu.

BNI Syariah melaporkan rasio pembiayaan bermasalah (NPF) tercatat pada level 3,80 persen atau mengalami kenaikan dibanding periode sama tahun lalu yang mencapai 3,33 persen.

“NPF ini terus terang saja kondisi sulit ini ada peningkatan, kita berusaha semaksimal mungkin me-manage paling tidak bisa di bawah 4 persen,” tambah Abdullah.

Sementara itu, BNI Syariah melakukan efisiensi dengan baik yang ditunjukkan melalui rasio biaya operasional (BOPO) tahun ini, yang tercatat 76,53 persen.

“Artinya, kita memang betul-betul bisa menjaga efisiensi. Strategi ini cukup membuahkan hasil di mana CASA (Current Account Saving Account) kita naik dan menekan Cost of Fund kita sehingga dari sisi yield bisa di-manage secara memadai,” ujar Abdullah.

https://money.kompas.com/read/2020/05/28/170300726/bni-syariah-raih-laba-bersih-rp-214-miliar-pada-kuartal-l-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke