Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Besar Sumbangan Para Miliarder AS untuk Penanganan Covid-19?

Namun rupanya, angka itu hanya sebagian kecil dari total kekayaan gabungan mereka. Dari total kekayaan gabungan, sumbangan mereka kurang dari 0,1 persen.

Survei juga menemukan, hampir 1/3 dari para miliarder ini belum mengumumkan memberi donasi. Beberapa berkontribusi melalui perusahaan yang mereka miliki, bukan berkontribusi secara pribadi.

“Bahkan banyak miliarder yang menyumbang jumlah yang relatif remeh untuk Covid-19, bila dibandingkan dengan nilai tengah rata-rata rumah tangga Amerika, yang mencapai 97.300 dollar AS," kata para pensurvei, Roxanne Roberts dan Will Hobson dikutip dari CNBC, Senin (8/6/2020).

Jeff Bezos misalnya, orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih mencapai 143 miliar dollar AS atau Rp 2.000 triliun telah menyumbang sekitar 125 juta dollar AS (Rp 1,7 triliun).

Miliarder penyumbang terbesar atas nama pribadi ada 2 nama, yakni pendiri Microsoft Bill Gates dan CEO Twitter dan Square Jack Dorsey.

Gates, yang menjadi salah satu tokoh publik paling vokal sejak awal pandemi Covid-19 mengular, telah menyumbang sekitar 300 juta dollar AS melalui Yayasan Bill dan Melinda Gates.

Dorsey, yang bukan salah satu dari 50 orang terkaya di AS pun menyumbang 1 miliar dollar AS berbentuk saham Square. Dorsey, hanya berada di peringkat ke 147 dari daftar miliarder. terkaya. Satu miliar dollar AS yang disumbangkan mewakili 28 persen dari total kekayaan bersihnya.

Sementara itu di antara 50 orang terkaya di AS, Manajer Lindung Nilai, Ray Dalio menjadi yang paling dermawan. Dia menyumbang lebih dari 100 juta dollar AS dari kekayaan bersih 18 miliar dollar AS.

Selama pandemi Covid-19, kekayaan miliarder AS ini naik 434 miliar dollar AS antara pertengahan Maret - Mei.

Harta 5 orang terkaya di AS, antara lain Jeff Bezos, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Warren Buffett, dan Larry Ellison telah melambung 76 miliar dollar AS dalam kurun waktu tersebut.

https://money.kompas.com/read/2020/06/08/091226126/berapa-besar-sumbangan-para-miliarder-as-untuk-penanganan-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke