Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hadapi New Normal, UMKM Wajib Susun Strategi Digital

Founder dan sekaligus CEO Dusdusan.com Christian Kustedi mengatakan, para pelaku UMKM harus bisa menyusun strategi digital sebagai bagian dari adaptasi untuk situasi New Normal nanti.

"Dengan menyusun strategi digital ini, bisa membantu para pelaku UMKM untuk dapat bertahan dan juga tetap berkembang dalam kondisi saat ini," ujarnya seperti dalam keterangan resmi dikutip, Selasa (9/6/2020).

Ia menyebut, ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam merancang strategi digital untuk para UMKM yaitu konten, database, dan iklan.

Pertama dalam hal konten, ia mengatakan para UMKM harus mampu membuat konten. Konten yang disajikan pun harus dibungkus dengan menarik dan sesuai dengan target market.

"Memanfaatkan hal yang sedang populer juga dapat meningkatkan engagement atau perhatian audience terhadap konten kita," katanya.

Kedua, lanjut dia, UMKM harus bisa mengumpulkan dan menganalisa database karena berfungsi untuk memaksimalkan promo kepada audience yang tepat.

Lalu yang ketiga adalah adsense atau iklan, Christian menjelaskan dengan membuat iklan dapat memperluas capaian konten yang dibuat melalui digital kepada user baru di luar database yang masih sesuai dengan target market.

Tak hanya itu, Christian menambahkan pelaku UMKM juga perlu melakukan taktik atau strategi dalam digital marketing. Tujuannya agar bisa mempromosikan sebuah produk atau jasa untuk meningkatkan brand awareness yang pada akhirnya bisa meningkatkan jumlah pembelian.

Salah satu cara yang bisa dilakukan UMKM dalam digital marketing yaitu dengan cara merilis teaser produk, lalu membuat trailer yang berisi Product knowledge, harga, hingga tanggal launching produk tersebut. Setelahnya, para pelaku UMKM bisa membuat timeline seperti pre-order dan sejenisnya.

Selain itu Christian juga mengatakan di masa seperti yang sekarang ini, penting sekali bagi para UMKM untuk melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk dapat bergerak lebih cepat dan efektif. Namun dalam melakukan kolaborasi perlu diingat harus mencari partner yang tepat dan sesuai dengan visi yang sama.

"Saya optimistis dengan keadaan New Normal ini saya anggap ini permanen. Yang harus dipersiapkan UMKM untuk menghadapi new normal ini adalah mereka harus punya speed yang jauh lebih cepat," jelas dia.

https://money.kompas.com/read/2020/06/09/101200726/hadapi-new-normal-umkm-wajib-susun-strategi-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke