Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tingkatkan Kesejahteraan ASN dan Pensiunan, Teten Gandeng Taspen Luncurkan Kios Warga

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, program ini dinilai tepat untuk menjaga kesejahteraan para ASN dan pensiunan di hari tua. Dia berharap program ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya para pensiunan.

"Kios atau warung merupakan satu gerakan ekonomi kerakyatan yang sering kita jumpai di area pemukiman dalam memenuhi kebutuhan pokok. Karena itu, Kios Warga diharapkan dapat sebagai salah satu solusi kesulitan untuk mendapatkan pasokan barang-barang yang akan dijual di warung dan naiknya harga barang-barang tersebut," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (10/6/2020).

Teten juga menyebut modernisasi warung ini merupakan upaya untuk mengakselerasi pemerataan ekonomi di Indonesia secara digital. Kios retail yang modern dan berbais digital melalui pemanfaatan teknologi, akan membantu penerapan sistem inventori, pemesanan secara online, pembayaran digital dan pengaturan lay out produk yang menarik dan bersih.

"Apalagi saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mendorong produk-produk KUMKM melalui gerakan Bangga Buatan Indonesia. Kios atau warung diharapkan bisa menjadi bagian dari gerakan program tersebut dengan menyediakan ruang bagi penjualan produk-produk KUMKM," jelasnya.

Sementara itu Direktur Utama Taspen Antonius Kosasih mengatakan, program ini diluncurkan karena masih minimnya PNS yang memiliki rencana terhadap masa depan pensiunnya. Ia menyebut hingga saat ini setidaknya ada sekitar 6,8 juta nasabah Taspen dan 2,7 jutanya adalah pensiunan, sehingga potensi program tersebut masih akan sangat besar jika disosialisasikan lebih luas.

"Kami perseroan yang berperan mendorong kesejahteraan dan membina khusus kesejahteraan ASN, seluruh pemkab, pemkot, pemprov isinya kan ASN semua, termasuk kementerian Koperasi dan UKM digerakkan ASN, kita berharap kita bisa memulai ini," kata dia.

Ia menambahkan dalam penerapannya, program ini didukung oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang memberikan bantuan pembiayaan dan penyediaan produk UMKM unggulan binaan BRI.

"Dukungan untuk produk di Kios Warga adalah unggulan UMKM di tangan BRI, ini akan lebih lengkap, setelah dibantu pembinaan, pembiayaan, ada satu jalur lagi pasar yang mendekatkan (Taspen)," jelas dia.

https://money.kompas.com/read/2020/06/10/173600726/tingkatkan-kesejahteraan-asn-dan-pensiunan-teten-gandeng-taspen-luncurkan-kios

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke