Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mal di Jakarta Beroperasi Besok, Bioskop hingga Karaoke Belum Buka

Kendati demikian, Ketua Asosisasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, tidak semua tenant dapat beroperasi selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Masih akan ada setidaknya 6 jenis tenant yang belum dapat beroperasi besok.

"Yang belum bisa buka, cinema, fitness, mainan anak, massage, karaoke, perawatan tubuh dan wajah. Salon boleh buka sebatas potong rambut," ujarya dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (14/6/2020).

Ellen memastikan, pengoperasian kembali mal akan diikuti dengan pelaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang ketat.

Adapun berbagai protokol kesehatan yang akan diterapkan diantaranya penyediaan wastafel, sabun cuci tangan, hand sanitizer, aturan wajib masker untuk memasuki area mall, pengukuran suhu tubuh, pembatasan jumlah pengunjung yaitu 50 persen dari total kapasitas, dan penerapan aturan physical distancing di dalam mal.

Bahkan, Ellen menyebutkan terdapat beberapa mal yang menerapkan program 100 persen touchless atau tanpa sentih.

"Misalnya di Emporium Pluit Mall yang menjalankan program 100 persen touchless yaitu dengan mengadakan wastafel cuci tangan, sabun cuci tangan dan hand sanitizer otomatis tanpa sentuh. Begitu pula dengan tombol lift yang menggunakan sensor sehingga pengunjung tidak perlu menyentuhnya," tuturnya.

Selain itu, Ellen menegaskan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan seluruh tenant mal untuk memprioritaskan pencegehan penyebaran Covid-19.

"Karena bagaimanapun, sebagai bagian dari elemen masyarakat Bangsa Indonesia, adalah kewajiban dan tekad kami untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini demi kehidupan kita bersama yang lebih baik di masa yang akan datang," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/06/14/150200926/mal-di-jakarta-beroperasi-besok-bioskop-hingga-karaoke-belum-buka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke