Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sidak Protokol Kesehatan di Mal, Ini Pesan Menaker untuk Warga

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ketiga kembali dibukanya mal atau pusat perbelanjaan di DKI Jakarta, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyidak Mal Kota Kasablanka.

Dari pantauan Kompas.com, penerapan protokol kesehatan di pusat perbelanjaan Jakarta Selatan ini begitu ketat.

Dengan ketatnya penerapan protokol kesehatan, Menaker pastikan pengunjung dapat berbelanja dengan nyaman meski di tengah masa pandemi virus corona (Covid-19).

"Karena yang dibutuhkan sekarang adalah masyarakat merasa nyaman berbelanja dengan protokol kesehatan yang ketat. Saya melihat tadi dari mulai pintu masuk, protokol kesehatan dijalankan dengan baik. Disiplin itu penting, baik dari manajemen maupun pengunjung mal itu sendiri," katanya di Jakarta, Rabu (17/6/2020).

Ketatnya protokol kesehatan di mal tersebut, mulai melakukan pengecekkan suhu melalui alat pendeteksi jarak jauh menggunakan layar, menjaga jarak antar pengunjung dengan garis pembatas berwarna kuning yang telah diatur.

Pengunjung mal yang masuk melalui Lobi Timur dan Tengah ini mewajibkan pengunjung untuk melakukan pindaian menggunakan aplikasi barcode.

Tujuannya memindai QR Code agar pihak mal mengetahui jumlah pengunjung yang ada di Kokas.

Seluruh tenant yang ada di mal tersebut terpantau telah buka secara keseluruhan. Namun, yang paling dipadati pengunjung di bagian kuliner lantai bawah basement.

Dari pantauan ini, Ida menegaskan serta berharap, protokol kesehatan dalam berkunjung ke pusat perbelanjaan pada era normal baru harus diterapkan sehari-hari oleh masyarakat agar menjadi kebiasaan untuk menjaga kesehatan.


"Jadi, mengikuti protokol kesehatan itu jangan hanya kewajiban karena ada imbauan dari pemerintah. Jadikan protokol kesehatan itu kebutuhan untuk menjaga diri dan menjaga orang lain," ucapnya.

Ida menyebutkan, jumlah pengunjung saat sidak Rabu siang baru berkisar 40 persen hingga 50 persen.

"Kapasitas pengunjung baru 40-50 persen. Saya kira harus diatur oleh pengelola mal ini adalah kapasitas pengunjungnya yang memenuhi jaga jarak. Seperti tadi kunjungan ke Carrefour pengunjungnya 175 orang. Ketika (kapasitas) sudah 175 orang, itu orang harus antre (sebelum masuk Carrefour)," jelasnya.

https://money.kompas.com/read/2020/06/17/193153526/sidak-protokol-kesehatan-di-mal-ini-pesan-menaker-untuk-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke