Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ADB: Pertumbuhan Ekonomi RI Minus 1 Persen hingga Akhir Tahun

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Pembangunan Asia (ADB) memproyeksi perekonomian Indonesia hingga akhir tahun akan mengalami kontraksi hingga 1 persen.

Hal tersebut terjadi mengingat kawasan Asia yang sedang berkembang nyaris tidak mengalami pertumbuhan pada tahun 2020.

Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 5,3 persen pada 2021 karena bertambahnya belanja tidak wajib rumah tangga, membaiknya iklim investasi, dan mulai pulihnya perekonomian dunia.

“Pandemi COVID-19 telah menimbulkan gangguan ekonomi signifikan di dunia dan di Indonesia, dengan dampak berat terhadap lapangan kerja dan penghidupan, terutama bagi kelompok masyarakat yang paling rentan,” kata Direktur ADB untuk Indonesia Winfried Wicklein dalam keterangan tertulis, Jumat (19/6/2020).

“Pelaksanaan langkah-langkah kebijakan yang tepat waktu, seperti yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam program pemulihan ekonominya, akan sangat bermanfaat agar membantu Indonesia membaik lagi sekaligus melindungi kesejahteraan rumah tangga,” jelas dia.

Dalam laporan tambahan yang dirilis hari ini untuk memperbarui publikasi ekonomi tahunan Asian Development Outlook (ADO) 2020, ADB memperkirakan perekonomian kawasan Asia dan Pasifik pada tahun 2020 akan tumbuh 0,1 persen.

Angka ini menurun dibandingkan dengan perkiraan tumbuh 2,2 persen pada bulan April, dan merupakan taraf pertumbuhan terendah bagi kawasan ini sejak tahun 1961.

Kegiatan ekonomi di negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Filipina (minus 3,8 persen) dan Thailand (minus 6,5 persen), juga diperkirakan akan terdampak lebih berat dari Indonesia pada 2020 sebelum membaik lagi pada 2021.


"Terbatasnya arus perdagangan dan menurunnya jumlah wisatawan telah memperburuk proyeksi perekonomian secara substantial," jelas Wicklein.

Pertumbuhan ekonomi regional pada tahun 2021 diperkirakan akan naik menjadi 6,2 persen seperti yang diperkirakan pada April. Taraf produk domestik bruto (PDB) pada 2021 akan tetap berada di bawah taraf yang tadinya diharapkan dan berada di bawah tren sebelum krisis.

https://money.kompas.com/read/2020/06/19/091900726/adb--pertumbuhan-ekonomi-ri-minus-1-persen-hingga-akhir-tahun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke