Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut: Bank Dunia Mengapresiasi Pengelolaan Utang Indonesia

Dalam komunikasi tersebut, Luhut sempat membahas soal utang Indonesia. Menurut dia, Bank Dunia justru mengapresiasi pengelolaan utang Indonesia.

"Jadi kalau ada yang berpikir soal utang kita berlebihan, mereka Bank (Dunia) mengapresiasi (pengelolaan utang Indonesia). Kita masih sangat prudent dan hati hati," katanya ketika ditemui di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Bank Dunia kata dia, juga memuji Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang dinilai berhasil menjaga level utang Indonesia tetap tak berlebihan.

"Jadi, dianggap Ibu Ani Menteri Keuangan melakukan perhitungan sangat cermat," ujarnya.

Tak hanya itu, Luhut juga menyebut Bank Dunia juga memuji kinerja pemerintah dalam menjalankan program selama menghadapi situasi pandemi virus corona (Covid-19).

"Kita dengan Ibu Victoria kita jelaskan perkembangan di sini dan dia didampingi sama Wakil World Bank di Jakarta. Dia mengatakan melihat kita sangat leading, program kita disebut sangat komprehensif and we love it," kata dia.

Dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya, lanjut Luhut, Indonesia termasuk negara yang paling baik menurut kacamata Bank Dunia.

Mantan Komandan Khusus Satgas Tempur Kopassus ini mengatakan, Bank Dunia tidak memberikan usulan apapun kepada Pemerintah Indonesia meski ada di tengah resesi ekonomi.

https://money.kompas.com/read/2020/06/19/205125526/luhut-bank-dunia-mengapresiasi-pengelolaan-utang-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke