Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Pandemi Covid-19, Jadikah PNS Pindah ke Ibu Kota Baru?

Menpan RB Tjahjo Kumolo mengatakan, meski saat ini Indonesia tengah dihadapi pandemi Covid, perumusan dan persiapan roadmap pemindahan PNS tetap dilaksanakan.

"Kami sudah mempersiapkan sebuah roadmap untuk rencana perpindahan ASN di tingkat kementerian/lembaga di ibu kota baru nanti," katanya dalam sebuah diskusi virtual, Senin (22/6/2020).

Dengan adanya kesiapan roadmap tersebut, Tjahjo mengaku optimistis proses pemindahan PNS sudah dapat terlaksana pada tahun 2024.

"Perihal ASN di tingkat kementerian/lembaga pusat yang akan ditempatkan di Ibu Kota baru nanti, saya tetap optimistis di tahun 2024 sudah bisa terlaksana, dengan berbagai tantangan dan permasalahan yang kita hadapi di tengah pandemi Covid-19 ini,” tuturnya.

Selain memindahkan PNS ke ibu kota baru, Tjahjo menegaskan, pihaknya juga terus mengupayakan melakukan penyederhanaan birokrasi di K/L dengan cara melakukan peleburan eselon III dan IV.

Upaya tersebut terus dilakukan guna mempermudah dan mempercepat proses birokrasi.

Tjahjo melaporkan, proses inventarisasi pemangkasan administrasi dan peleburan eselon III dan IV di berbagai K/L sudah mencapai 60 persen.

"Diharapakan pada Desember ini sudah selesai secara keseluruhan," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/06/23/070200026/ada-pandemi-covid-19-jadikah-pns-pindah-ke-ibu-kota-baru-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke