Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Karhutla, Minamas Plantation Gandeng Universitas Tanjungpura

CEO Minamas Plantation, Shamsuddin Muhammad juga mengatakan perseroan telah menerapkan Zero Burning Policy secara ketat di seluruh area operasional perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga melaksanakan inisiatif lainnya meliputi pencegahan dan penanganan karhutla.

"Di bidang pencegahan, kami membangun inisiatif berbasis masyarakat, seperti pembentukan Masyarakat Peduli Api, program Desa Mandiri Cegah Api (DMCA), Guru Peduli Api dan berbagai inisiatif lainnya," ujarnya dalam eterangan pers, Rabu (1/7/2020).

Shamsuddin berharap kerjasama ini bisa membantu perusahaan mempersiapkan diri menghadapi bahaya karhutla melalui program DMCA di tengah pandemi.

Sementara itu, Rektor Universitas Tanjungpura, Garuda Wiko menuturkan kerjasama yang dijalin dengan Minamas Plantation dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di sekitar kebun dan berbagi pengalaman tentang best practices dalam sustainable agricultural management tanpa membakar lahan.

"Seperti program-program yang telah dilakukan oleh Minamas Plantation sebelumnya, kami berharap program DMCA ini dapat terlaksana dengan adanya pedoman yang dapat diimplementasikan di lapangan," jelasnya.

Hingga saat ini Minamas Plantation terus memantau situasi yang berlangsung di seluruh lokasi perusahaan dengan seksama.

Pemantauan dilakukan setiap hari melalui sistem Plantation Location Intelligent Universal Management (PLATINUM) dengan menggunakan data dari satelit pada titik panas di peta area konsesi untuk dapat mendeteksinya dengan cepat.

Seluruh titik api yang terdeteksi akan segera dilaporkan kepada pihak berwenang dan prosedur yang sama juga diterapkan dalam standar operasional perusahaan.

https://money.kompas.com/read/2020/07/01/103307626/cegah-karhutla-minamas-plantation-gandeng-universitas-tanjungpura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke