Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kementan Optimis Target Tanam Sumsel Seluas 85.000 Hektar Tercapai

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian (Kementan) optimis, target tanam Sumatera Selatan (Sumsel) seluas 85.000 hektar (ha) dapat tercapai.

Pasalnya, menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Sumsel memiliki produktivitas pertanian yang tinggi, sehingga saat ini berkontribusi besar dalam memperkuat ketahanan pangan nasional.

“Kami akan genjot produktivitasnya, buat strategi percepatan tanam dari pengolahan tanah hingga penanaman, serta memanfaatkan alat mesin pertanian (alsintan),” kata Syahrul, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Untuk mencapai target tersebut, Kementan pun menggelar Rapat Koordinasi Luas Tambah Tanam (LTT), di Hotel Santika Premiere, Palembang, Sumsel, Rabu (01/7/2020).

Pada kesempatan tersebut Syahrul berharap, pencairan dana kegiatan dilakukan sebelum Senin (20/7/2020).

Tak berhenti di sana, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Sarwo Edhy mengatakan, untuk mencapai target tersebut, pihaknya akan melakukan strategi lain yaitu memetakan lahan-lahan yang belum ditanam.

“Kemudian kami melakukan rapat koordinasi dengan seluruh penanggung jawab kabupaten dan provinsi, untuk melakukan gerakan tanam,” kata Sarwo yang juga Penanggung Jawab tim Supervisi Pembangunan Pertanian Provinsi Sumsel.

Sarwo menambahkan, selain lahan, pihaknya juga akan memetakan kebutuhan petani.

“Di sana kurangnya apa? Berdasarkan data itu, lahan-lahan yang belum ditanam kami upayakan cepat tanam untuk mendukung ketahanan pangan nasional,” kata Sarwo.

Terkait alsintan, Sarwo mengatakan, Ditjen PSP akan memberikan beberapa unit untuk mempercepat tanam dan meningkatkan produksi di Sumsel.

“Aliran irigasi yang rusak kami perbaiki atau bangun. Kemudian ada juga perbaikan jalan usaha tani. Kalau di sana ada lahan kering, kami buatkan embung dan bank air untuk menyalurkan air ke lahan-lahan budidaya,” kata Sarwo.

https://money.kompas.com/read/2020/07/02/141000526/kementan-optimis-target-tanam-sumsel-seluas-85.000-hektar-tercapai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke