Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tangani Covid-19, Sampoerna Donasi Mesin PCR ke Pemkot Surabaya

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) memberikan donasi satu set mesin berteknologi reaksi rantai polimerase atau PCR beserta seluruh kelengkapannya kepada Pemerintah Kota Surabaya.

Mesini ini diharapkan dapat mempercepat proses deteksi warga yang diduga terpapar virus Covid-19.

Direktur Sampoerna Elvira Lianita menyatakan, bantuan tersebut merupakan tidak lanjut atas komitmen perusahaan dalam mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19. Sehingga, nantinya dapat menekan dan menghentikan penyebarannya.

Sebelumnya, perseroan telah menyalurkan berbagai bantuan di tingkat nasional maupun daerah, antara lain: alat bantu pernapasan/ventilator, Alat Perlindungan Diri (APD) full set bagi tenaga medis, bahan makanan pokok, alat cuci tangan portabel, masker kain, hand sanitizer, dan sebagainya.

Bantuan ini telah disalurkan kepada masyarakat maupun rumah sakit di berbagai daerah di Indonesia.

"Kami berharap dengan penambahan mesin PCR dari Sampoerna, Pemerintah Kota dapat menambah kapasitas pengujian sampel Covid-19 kepada masyarakat Surabaya,” ujar Elvira dalam keterangan tertulis.

Elvira menambahkan, Sampoerna juga berencana untuk memberikan bantuan mesin PCR beserta kelengkapannya kepada masyarakat di Jawa Timur, Jawa Barat, Kabupaten Pasuruan, Kota Malang, dan Kabupaten Karawang.

Selain itu, Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga Surabaya sebagai salah satu tempat pengujian Covid-19 berbasis PCR juga akan menerima bantuan yang sama. Secara total, perseroan akan menyerahkan 7 mesin PCR beserta kelengkapannya dalam waktu dekat.

“Kami telah menjadwalkan penyerahan bantuan mesin tersebut yang tentunya akan disampaikan melalui Kepala Daerah setempat dan yang terdekat adalah Jawa Timur. Hal ini merupakan wujud nyata dari komitmen Sampoerna untuk terus berpartisipasi aktif dalam menurunkan dan menghentikan penyebaran Covid-19 di Indonesia,” ungkap Elvira.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan, bantuan ini dapat mempercepat pemeriksaan sampel usap (swab test) terhadap masyarakat yang diduga terpapar Covid-19.


Menurut Risma, saat ini banyak warga yang terpaksa menjalani isolasi selama satu minggu, atau lebih, setelah dinyatakan reaktif Covid-19 melalui pemeriksaan cepat atau rapid test. Waktu isolasi yang lama disebabkan banyaknya antrean sampel usap karena Pemerintah Kota Surabaya memiliki keterbatasan mesin PCR beserta kelengkapannya.

Selama proses isolasi, selain tidak dapat bekerja, mereka juga kerap mendapatkan stigma negatif dari masyarakat.

"Maka itu, saya berterima kasih kepada Sampoerna, yang sudah memberikan banyak bantuan kepada kami di Surabaya. Mudah-mudahan, peralatan ini bisa langsung kita gunakan. Kami memang menunggu (peralatan ini)," ujar Risma.

Mesin PCR tersebut langsung dibawa ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jalan Gayungsari, Surabaya untuk dipasang.

https://money.kompas.com/read/2020/07/07/173119026/tangani-covid-19-sampoerna-donasi-mesin-pcr-ke-pemkot-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke