Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menaker soal TKA China: Karena Ada Komitmen Bakal Serap 5.000 Tenaga Kerja Lokal

Perusahaan yang dimaksud adalah PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) yang terletak di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Pemerintah Konawe bekerja sama dengan Virtue Dragon akan menyerap 5.000 tenaga kerja lokal. Jadi tenaga kerja yang akan datang yang direncanakan akan masuk 500 itu, dengan bisa mengoperasikan perusahaan yang dibangun maka akan bisa menyerap 5.000 tenaga kerja lokal," katanya di Jakarta, Rabu (8/7/2020).

"Ini sudah ada MoU perusahaan dengan pemerintah daerah. Diserap atau direkrut secara bertahap. Sekali lagi kenapa diizinkan, karena ada komitmen untuk menyerap tenaga kerja lokal sebesar 5.000. Jadi itu yang kita berharap," lanjut Ida.

Dia mengatakan, saat ini banyak pekerja di Indonesia terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) serta dirumahkan akibat dampak dari wabah virus corona (Covid-19). Maka dari itu, diharapkan dengan diizinkannya TKA asal Negeri Tirai Bambu tersebut mampu mengurangi angka pengangguran.

"Ini sekarang yang kita punya tanggungan banyak sekali teman-teman yang di-PHK dan dirumahkan, ini jadi solusi banyak tenaga kerja lokal yang diserap," ungkapnya.

Sebanyak 152 tenaga kerja asing asal China tiba di Bandara Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara, pada Selasa (23/6/2020) malam. Mereka menumpang pesawat Lion Air yang di-carter. Dalam rombongan pekerja itu ikut serta empat orang empat tenaga medis.

Mereka merupakan rombongan pertama dari 500 TKA yang akan bekerja di Kawasan Industri Pertambangan Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara.


https://money.kompas.com/read/2020/07/08/164300426/menaker-soal-tka-china--karena-ada-komitmen-bakal-serap-5.000-tenaga-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke