Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rajin Beramal, Warren Buffet Sumbangkan Saham Senilai Rp 42 Triliun

NEW YORK, KOMPAS.com - Miliarder asal AS, Warren Buffett telah menyumbangkan sekitar 2,9 miliar dollar AS saham Berkshire Hathaway Inc (BRKa.N) atau sekitar Rp 42 triliun (kurs Rp 14.500).

Sumbangan itu diberikan kepada empat badan amal keluarga dan Yayasan milik orang tajir nomor dua dunia, Bill Gates dan sang istri, Melinda Gates.

Mengutip Reuters, Kamis (9/7/2020), perseroan mengatakan, sumbangan tahunan ke-15 Buffett terdiri dari 15,97 juta saham Kelas B.

Angka itu meningkatkan sumbangannya ke badan amal menjadi lebih dari 37,4 miliar dollar AS sejak Buffett, yang berusia 90 tahun pada 30 Agustus, mulai memberikan sahamnya di Berkshire untuk donasi pada 2006.

Empat perlima dari sumbangan diberikan kepada Gates Foundation. Sisanya jatuh ke Susan Thompson Buffett Foundation, dinamai untuk mendiang istri pertama Buffett, dan badan amal yang dijalankan oleh anak-anaknya Howard, Susan dan Peter, yakni Yayasan Howard G Buffett, Yayasan Sherwood dan Yayasan NoVo.

Sumbangan terbesar Buffett adalah 3,61 miliar dollar AS pada tahun 2019, ketika harga saham Berkshire melonjak tinggi.

Meskipun Buffett telah menyumbangkan 48 persen sahamnya di Berkshire, ia masih memiliki 15,5 persen saham dari konglomerat yang berbasis di Omaha, Nebraska.

Menurut Forbes, Buffett masih menjadi orang kaya dengan total kekayaan sebanyak 71,4 miliar dollar AS, peringkat ketujuh di seluruh dunia.

Pendiri Amazon Inc, Jeff Bezos, berada di urutan pertama dengan 178,1 miliar dollar AS, sedangkan pendiri Microsoft Corp, Bill Gates, berada di urutan kedua.


Gates, teman lama Buffett, mengakhiri perjalanan 16 tahunnya di dewan Berkshire tahun ini untuk fokus pada yayasannya.

Sementara itu, saham Berkshire turun secara signifikan pada 2019 dan 2020. Pasalnya Buffett belum menemukan akuisisi besar yang menarik dan peluang pendanaan untuk konglomeratnya yang bernilai 440 miliar dollar AS.

Berkshire memiliki lebih dari 90 bisnis seperti kereta api BNSF, asuransi mobil Geico dan es krim Dairy Queen. Ia juga memiliki lusinan saham, termasuk lebih dari 93 miliar dollar AS dari Apple Inc (AAPL.O).

https://money.kompas.com/read/2020/07/09/104000926/rajin-beramal-warren-buffet-sumbangkan-saham-senilai-rp-42-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke