Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukopin: Kookmin Bank Ajarkan Kami Jadi Bank Global

Sebab, karakteristik pola bisnis Bank Bukopin sama dengan Kookmin Bank yang fokus pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kookmin mengajarkan Bukopin menjadi global banker. Ini hal positif karena mereka berkomitmen memberikan kontribusinya. Mereka tidak pernah menghilangkan pola bisnis seperti di negara asalnya," kata Rivan dalam webinar Infobank, Kamis (9/7/2020)

Rivan menuturkan, 57 persen kredit Bank Bukopin disalurkan ke UMKM. Sementara itu, 24 cabang luar negeri Kookmin Bank terus berfokus ke UMKM. Kekuatan bisnis di negara asalnya pun berada di sektor mortgage dan UMKM.

Kesamaan ini membuat terjadinya transfer knoledgwe sehingga Bukopin bisa belajar banyak dari Kookmin.

Apalagi Kookmin merupakan salah satu bank dengan aset besar di Asia. Untuk mengembangkan bisnis dengan baik, kini Kookmin Bank telah menempatkan 2 orang ahli di risk management dan kursi komisaris.

"Jadi masuknya Kookmin adalah kesempatan bagi kami," pungkas Rivan.


Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan pernyataan efektif terkait pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas atau rights issue kelima (PUT) PT Bank Bukopin Tbk.

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan, pelaksanaan PUT ini melalui penerbitan saham baru dengan memberikan penawaran Hak Memesan Efek Terbatas Terlebih Dahulu (HMETD) kepada pemegang saham.

Pelaksanaan PUT V sesuai dengan hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Bukopin pada 24 Oktober 2019.

Dalam prospektus PUT V Bank Bukopin, kedua pemegang saham utama, yaitu PT Bosowa Corporindo dan KB Kookmin Bank Co. Ltd menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan seluruh haknya dalam PUT V.

Kookmin Bank bertindak sebagai pembeli siaga yang akan mengambil seluruh sisa saham yang tidak dilaksanakan haknya oleh pemegang saham lainnya.

"Hal ini sesuai dengan rencana Kookmin menjadi pemegang saham pengendali PT Bank Bukopin Tbk," sebut Anto.

https://money.kompas.com/read/2020/07/09/162921826/bukopin-kookmin-bank-ajarkan-kami-jadi-bank-global

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke