Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wamen BUMN Minta Perusahaan Pelat Merah 'Sedekah' ke Krakatau Steel

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Budi Gunadi Sadikin, meminta perusahaan-perusahaan besar pelat merah, seperti PT Pertamina (Persero) untuk meningkatkan pengadaan barang dari dalam negeri.

Hal tersebut disampaikan Budi ketika memberi sambutan dalam acara Penandatanganan Kerja Sama Pertamina dengan BUMN galangan kapal.

Menurutnya, peningkatan pengadaan barang dalam negeri sejalan dengan upaya mengurangi ketergantungan industri nasional dari impor bahan baku.

Selain itu, langkah tersebut juga dapat membantu perusahaan plat merah lain yang tengah mengalami keterpurukan imbas pandemi Covid-19.

"Pertamina, PLN, adalah big tendernya kita BUMN termasuk Telkom. Kalau bisa uangnya jangan di spend keluar. Uangnya di spend ke dalam supaya orang-orang kita yang ekonominya lagi susah, yang gajinya lagi susah mendapatkan kucuran uang tersebut," tutur dia Selasa (14/7/2020).

Mantan Direktur Utama PT Inalum (Persero) itu menilai, dengan adanya peningkatan pengadaan barang dalam negeri oleh perusahaan sebesar Pertamina, maka hal tersebut dapat berimbas ke perusahaan plat merah lainnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya kerja sama antara Pertamina dan BUMN Galangan Kapal, berpotensi memunculkan kerja sama baru dengan BUMN lain, seperti dengan PT Krakatau Steel (Persero) atau KS.

"Jadi saya juga titip Pak Hari (Dirut Barata) kalau ini sudah dikasih proyek sama Ibu Nicke (Dirut Pertamina) ya kalau bisa belinya dari Krakatau Steel. Kalau Krakatau Steel harganya enggak bagus ya panggil Pak Silmi (Dirut KS) minta harga yang bagus," kata Budi.

Lebih lanjut, Budi menyebutkan, saat ini kondisi perseroan KS tengah tidak baik. Oleh karenanya, ia mengajak Pertamina beserta BUMN lain untuk membantu perusahaan produsen baja tersebut, dengan cara membeli hasil produksi KS.

"Bersodakoh lah ke KS. Mudah-mudahan dirut-dirut BUMN tidak lupa sodakoh ke KS. Karena KS kondisinya sedang susah," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/07/14/131200026/wamen-bumn-minta-perusahaan-pelat-merah-sedekah-ke-krakatau-steel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke