Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Realisasi Investasi Kuartal II-2020 Diprediksi Turun, Ini Langkah BKPM

Ia menyebut realisasi investasi yang terjadi di kuartal II-2020 diprediksi akan mengalami penurunan.

“Adanya persoalan kesehatan (Covid-19) ini berdampak ke permasalahan ekonomi. Oleh karena itu, kami perlu inovasi dan pemikiran out of the box dalam meningkatkan investasi,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (14/7/2020).

Bahlil juga mengatakan saat ini BKPM telah membuat beberapa langkah strategi untuk menggenjot investasi. Salah satu strategi BKPM yakni membentuk Satuan Tugas (Satgas) realisasi investasi.

Saat ini, Satgas yang sudah dibentuk telah berhasil mengawal 7 perusahaan asing yang merelokasi investasinya ke Indonesia. Selain itu juga Satgas Investasi sedang membantu proses relokasi 17 perusahaan lagi serta berusaha menarik 119 perusahaan potensial asing lainnya.

Bentuk upaya lainnya yang dilakukan oleh BKPM yaitu melaksanakan Instruksi Presiden No. 7 Tahun 2019 tentang Percepatan Kemudahan Berusaha, yang telah berlaku penuh terkait proses perizinan.

Saat ini, terdapat 23 kementerian atau lembaga yang telah mendelegasikan kewenangan perizinannya ke BKPM.

Sementara itu, Ketua Komite IV DPD RI Elviana mengapresiasi langkah BKPM dalam bertugas mengawal permasalahan investasi di daerah dan menarik peluang investasi dampak relokasi perang dagang Amerika Serikat-Republik Rakyat Tiongkok (RRT) ke Indonesia.

Dalam prosesnya, ia menyebut, BKPM didorong untuk melakukan sosialisasi intensif dengan pemerintah daerah terkait kebijakan di bidang investasi.

https://money.kompas.com/read/2020/07/15/051714226/realisasi-investasi-kuartal-ii-2020-diprediksi-turun-ini-langkah-bkpm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke