Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BP Tapera Catat 286.000 PNS Muda Belum Memiliki Rumah

Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera, Eko Ariantoro mengatakan, kehadiran Tapera yang menganut azaz gotong royong, sehingga bisa mewujudkan impian para generasi milenial memiliki rumah. 

“Dapat membantu mewujudkan kepemilikan rumah pertama, renovasi, dan pembangunan rumah dilahan sendiri,” kata Eko melalui siaran media, Kamis (16/7/2020).

Ia mengharapkan generasi milenial bisa melakukan investasi sejak dini, karena investasi di usia muda sangat penting untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik, termasuk untuk kepemilikan rumah.

Eko mengtakan, Tapera mendukung kaum milenial untuk memiliki investasi hunian sedari muda, dengan pengelolaan dana yang transparan dan sejumlah manfaat yang maksimal bagi pesertanya.

Selain itu Tapera juga dapat dijadikan investasi jangka panjang yang dapat dinikmati saat peserta memasuki masa purna tugasnya.

Namun, mencapai tujuan memiliki rumah bukanlah hal yang mudah. Butuh perencanaan keuangan dan memastikan pemasukan tetap stabil adalah kuncinya.


Selain itu, gaya hidup konsumtif juga dinilai harus dikurangi. Hal ini karena gaya hidup konsumtif akan membuat pengeluaran lebih besar sehingga sulit bagi Anda untuk menghemat uang untuk disisihkan membeli rumah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) memproyeksikan, ada sekitar 81 juta generasi milenial yang belum memiliki hunian. Generasi milenial juga sering kali dianggap sebagai generasi yang sulit untuk menabung.

Tingginya harga rumah dinilai kerap membuat generasi milenial patah arang untuk memiliki rumah sendiri. Padahal, rumah dinilai menjadi salah satu bentuk investasi yang paling ideal, sebab seiring bertambahnya waktu keterbatasan lahan membuat harga tanah dan bangunan menjadi sangat tinggi.

Pada awal 2021, layanan Tapera fokus melakukan pengelolaan kepada ASN dan yang telah menjadi peserta ex-Bapertarum serta pekerja mandiri. Selanjutnya Tapera akan diperluas kepesertaannya pada segmen BUMN, BUMD, BUMDes, TNI dan POLRI.

https://money.kompas.com/read/2020/07/16/143158526/bp-tapera-catat-286000-pns-muda-belum-memiliki-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke