Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dongkrak Ekonomi, Pemerintah Dinilai Jangan Hanya Andalkan Sektor Formal

Menurutnya, UMKM dan sektor informal, bisa membantu pemulihan ekonomi nasional selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

“Kaitannya perlu ada aturan yang bisa membuka peluang pada pekerjaan yang sifatnya part-time. Ini cukup baik untuk mendorong ekonomi kita untuk bergerak lagi. Perlu relaksasi kebijakan, sehingga pekerjaan yang sifatnya informal bisa dimanfaatkan," katanya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Ia menambahkan, sistem pengupahan juga harus disesuaikan dengan skema pembayaran per jam. Hal ini dinilai bisa mengembangkan kesempatan kerja lebih besar dan membantu menekan jumlah pengangguran.

Selain itu, untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas SDM nasional, Kadin mengaku mendukung pemerintah dalam menerapkan pendidikan vokasi.

“Vokasi bisa menjadi jembatan yang baik antara kebutuhan industri dengan keterampilan yang dimiliki pekerja sehingga terbukti bisa menjadi menjawab persoalan lack of skill,” ujarnya.  

Sebelumnya Kadin mencatat, sedikitnya 6,4 juta pekerja mayoritas dirumahkan dan di-PHK pada saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masih diberlakukan.

Hal ini disebabkan berhentinya bisnis perusahaan, anjloknya permintaan pasar, daya tahan finansial yang terbatas dan lemahnya daya saing untuk kelanjutan usaha.

https://money.kompas.com/read/2020/07/16/220000926/dongkrak-ekonomi-pemerintah-dinilai-jangan-hanya-andalkan-sektor-formal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke