Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UMKM Masuk Ekosistem Digital, Pengajuan Pinjaman Hanya Butuh Waktu 15 Menit

Pasalnya, telah terdatanya UMKM ke dalam sistem tersebut sehingga memudahkan perbankan untuk menyalurkan pinjaman modal. Apalagi prosesnya hanya membutuhkan waktu 15 menit dari pengajuan hingga persetujuan.

"Program ini akan menyeleraskan program mitra UMKM kepada ekosistem digital berbasis nasabah yang dimiliki Himbara. Keselarasan data ini akan memudahkan dan mempercepat proses pengajuan dan persetujuan kredit UMKM hanya dalam waktu 15 menit," katanya dalam acara launching Digital Kredit UMKM (DigiKu) secara virtual, Jumat (17/7/2020).

Luhut menyebut, terdapat 1 juta UMKM telah masuk dalam ekosistem digital dengan total pinjaman senilai Rp 4,2 triliun yang akan disalurkan. Menurutnya, fasilitas pinjaman tersebut bisa bertambah. 

Terkait dengan penyaluran pinjaman tersebut, pemerintah bersama Himpunan Bank Negara (Himbara) meluncurkan program Digital Kredit UMKM (DigiKu) ini.

"Program DigiKu sekali lagi menjadi sebuah bukti nyata keberpihakan Himbara kepada pelaku UMKM. Kita semua berharap, dengan diluncurkan program ini UMKM di seluruh pelosok negeri dapat merasakan manfaatnya," ujarnya.

Sementara dalam acara yang sama, Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki memastikan adanya DigiKu akan mendukung peningkatan digitalisasi UMKM.

"Saya kira DigiKu akan sangat mendukung program digitalisasi UMKM. Kita tahu evaluasi bisnis ekonomi digital di tahun 2025 bisa mencapai 135 miliar dollar AS. Jadi ini besar sekali. Dan saat ini yang UMKM bisa bertahan bahkan tumbuh adalah UMKM yang sudah terhubung ke sistem digital," ucap Teten.

https://money.kompas.com/read/2020/07/17/174000226/umkm-masuk-ekosistem-digital-pengajuan-pinjaman-hanya-butuh-waktu-15-menit

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke