Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suku Bunga BI Terus Turun, Bagaimana Bunga Kredit di Bank?

Dalam keterangan resminya, bank sentral mengungkapkan, keputusan ini sudah sesuai dengan prakiraan inflasi yang tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga dan sebagai langkah lanjutan untuk mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Sekaligus, hal ini menjadi penanda bahwa BI telah memangkas BI-7DRR sebanyak 75 bps sepanjang tahun ini. Menurut Bank Indonesia, penurunan suku bunga acuan sejauh ini telah berkontribusi menurunkan suku bunga perbankan.

Sejalan dengan penurunan suku bunga Pasar Uang Antar Bank (PUAB) rata-rata tertimbang suku bunga deposito dan kredit modal kerja pada Juni 2020 telah turun dari 5,85 persen dan 9,6 persen pada Mei 2020 menjadi 5,74 persen dan 9,48 persen.

Nah, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mengatakan sejatinya BI sejak tahun lalu tercatat sudah memangkas BI-7DRR sekitar 175 bps. Akan tetapi, Dia mengakui kalau sampai saat ini penurunan bunga acuan tersebut belum direspons cepat oleh perbankan.

"Kami sejauh ini sudah menurunkan 175 bps, tapi memang transmisi di perbankannya masih lambat," katanya dalam Video Webinar di Jakarta, Jumat (17/7).

Misalnya saja, data menunjukkan kalau dalam periode yang sama sejak Juli 2019 hingga Juli 2020 tingkat suku bunga deposito perbankan sudah turun 116 bps dari 6,66 persen menjadi 5,5 persen secara rata-rata. Sayangnya, tingkat suku bunga kredit baru turun 74 bps dari 10,73 persen menjadi 9,99 persen.

Dalam situasi pandemi, Destry tidak menampik kalau penurunan bunga tidak akan serta merta mendongkrak permintaan kredit. Karena, bagaimanapun juga perbankan masih keberatan untuk memberikan pinjaman secara masif, karena melihat risiko yang tinggi.

Menjawab hal ini, sebenarnya pemerintah memberikan stimulus berupa program penjaminan untuk mendongkrak penyaluran kredit. Pemerintah lewat Kementerian Keuangan sudah menempatkan dana di bank Himbara sebesar Rp 30 triliun dalam rangka program pemulihan ekonomi nasional (PEN). (Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika Dewi)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Bunga acuan turun terus, bagaimana dengan suku bunga perbankan?

https://money.kompas.com/read/2020/07/17/220100426/suku-bunga-bi-terus-turun-bagaimana-bunga-kredit-di-bank-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke