Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bansos untuk UMKM, Sri Mulyani: Bapak Presiden Meminta Kami...

Bansos tersebut bakal dikucurkan kepada UMKM yang belum bisa mendapatkan akses kredit.

Sri Mulyani pun mengatakan, saat ini pihaknya bersama dengan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki masih meraccik skema yang tepat untuk penyaluran bansos tersebut.

Sebab, salah satu kendala yang dihadapi untuk menyalurkan bansos kepada sektor UMKM yg belum tersentuh pembiayaan adalah data dari pelaku UMKM yang bersangkutan.

"Bapak Presiden meminta kami dan Pak Teten adalah bagaimana memberikan modal kerja dalam bentuk bansos kepada UMKM yang belum mendapatkan akses kepada pembiayaan," ujar Sri Mulyani, Senin (21/7/2020).

"Ini masalahnya lebih kepada datanya," tambah dia.

Bendahara Negara itu pun mengatakan, pihaknya secara sengaja tidak memberikan bantuan dalam bentuk kredit modal kerja. Namun, dengan bansos tersebut diharapkan mampu mendorong pelaku UMKM untuk bisa lebih produktif di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Mereka tidak diberikan dalam bentuk kredit kerja tapi bansos yang diharapkan produktif. Ini sedang kita formulasikan," ujar dia.

Bendahara Negara itu mengatakan, bansos tersebut bakal diumumkan dalam satu hingga dua pekan ke depan. Dengan demikian, pemerintah tidak hanya memberikan dukungan kepada masyarakat, UMKM kecil dalam bentuk transfer langsung untuk hal-hal konsumtif, namun juga produktif.


Selain itu, Sri Mulyani pun mengatakan, berbagai stimulus pemerintah yang tadinya dirancang hanya untuk dilakukan selama tiga bulan, bakal diperpanjang hingga Desember.

Hal tersebut mengingat kasus Covid-19 di Indonesia yang masih terus bertambah setiap hari.

“Sekarang dengan situasi yang kita lihat bahwa perkembangan COVID ini akan cukup panjang, semua measure itu semua diperpanjang sampai Desember. Itu kita harapkan dapat memberikan ketenangan dan keyakinan kepada semua hal, baik di Bansos, kesehatan, serta untuk dunia usaha seperti UMKM dan korporasi,” tutur Sri Mulyani.

https://money.kompas.com/read/2020/07/21/080900126/bansos-untuk-umkm-sri-mulyani--bapak-presiden-meminta-kami--

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke