Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uji Coba Vaksin Covid-19, Dorong Rupiah Mantap Menguat

Mengutip data Bloomberg Rabu (22/7/2020) rupiah ditutup pada level Rp 14.650 per dollar AS atau menguat 91 poin sebesar 0,62 persen dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.740 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan penguatan rupiah sore ini didukung oleh sentimen positif pengembangan vaksin Covid-19. Ditambah lagi cuitan presiden Joko Widodo di Twitter terkait dengan uji coba vaksin Covid-19 di Indonesia.

“Pemerinta sedang mengupayakan pengembangan vaksin Covid-19. Melalui cuitan di Twitter, Presiden Joko Widodo mengungkapkan Indonesia akan segera menggelar uji coba vaksin tahap ketiga. Jika berhasil, maka Bio Farma akan memproduksi vaksin dengan kapasitas 100 juta dosis per tahun,” ungkap Ibrahim.

Kondisi pandemi Covid-19 yang mengancam keberlangsungan ekonomi, memaksa pemerintah untuk bertindak cepat meredam penyebaran virus melalui pembatasan sosial (social distancing). Namun hal ini dirasa masih kurang efektif dan membuat roda ekonomi sulit bergerak, akibatnya perekonomian dalam negeri terus mengalami kontraksi.

“Ancaman ini tidak akan hilang sebelum virus corona berhasil lenyap, dimana obat dan vaksin menjadi kuncinya. Begitu sarana untuk membasmi virus corona sudah tersedia, maka dunia akan kembali hidup normal dan roda ekonomi berputar lagi,” tambah dia.

Di sisi lain, dunia terus berlomba untuk menciptakan vaksin Covid-19. Misalkan saja vaksin yang diproduksi oleh AstraZaneca bekerja sama dengan Oxford University. Hasil uji coba menunjukkan bahwa imun tubuh responden bekerja dengan baik tanpa efek samping yang signifikan.

Selanjutnya vaksin buatan CanSiono Biologics dan divisi riset militer China. Dari 508 orang relawan yang diuji coba, sebagian besar membuahkan hasil positif. Imun tubuh meningkat dan tidak ada efek samping yang berlebihan.

Ada juga kolaborasi BioNTech dan Pfizer yang melakukan uji coba terhadap vaksin yang menggunakan Ribonucleic Acid (RNA). Vaksin ini mendorong sel untuk membuat protein yang menyerupai bentuk luar virus corona, yang kemudian ditangkal oleh sistem imun.

Sementara itu, pasar merespon positif tercapainya kesepakatan paket stimulus di Eropa, setelah melakukan negosiasi panjang di Brussels. Dari nominal 750 miliar euro yang akan dikucurkan UE, sebanyak 390 miliar euro di antaranya bakal berwujud dana hibah.

Sementara 360 miliar euro sisanya disalurkan dalam bentuk pinjaman jangka panjang. Paket stimulus ini ditujukan untuk menarik ekonomi Eropa keluar dari resesi terburuk dan memperketat obligasi keuangan yang menyatukan 27 negara mereka.

https://money.kompas.com/read/2020/07/22/165500926/uji-coba-vaksin-covid-19-dorong-rupiah-mantap-menguat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke