Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

OJK Proyeksi Pertumbuhan Kredit Sampai Akhir 2020 Hanya 4 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi pertumbuhan kredit perbankan tahun 2020 diproyeksi akan mengalami perlambatan dibandingkan tahun 2019.

Hal tersebut diakibatkan terdampaknya roda perekonomian oleh pandemi Covid-19, utamanya pada kuartal II tahun ini.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, berdasarkan proyeksi dari berbagai perbankan nasional, realisasi pertumbuhan kredit tahun ini hanya akan mencapai 4 persen.

Angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan dengan realisasi pertumbuhan kredit 2019, yang mencapai 6,08 persen.

"Kalau kita perkirakan dari berbagai angka, proyeksi perbankan dalam business plan, credit grwoth di akhir tahun sekitar 3 sampai 4 persen," katanya dalam sebuah diskusi virtual, Kamis (23/7/2020).

Lebih lanjut, Wimboh menjelaskan, pertumbuhan kredit yang menurun cukup dalam terjadi pada Mei 2020. Pada Mei lalu, pertumbuhan kredit hanya mencapai 3 persen.

Perlambatan pertumbuhan kredit diprediksi masih akan berlanjut hingga Juni lalu. Pasalnya, sejak April hingga Juni 2020, perekonomian nasional mengalami pukulan telak akibat berbagai kebijakan pembatasan guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Aktivitas ekonominya, masih di bulan Juni belum begitu bergerak," ujar Wimboh.

Pertumbuhan kredit, Wimboh menambah, diproyeksi akan kembali tumbuh lebih cepat mulai Juli ini. Hal tersebut, sejalan dengan dibuka kembalinya berbagai aktivitas perekonomian nasional.

"Juli (pertumbuhan kredit) kelihatanya akan sudah mulai naik," katanya.

Wimboh menilai, dengan mulai kembali pulihnya roda perekonomian, permintaan terhadap kredit perbankan diyakini akan kembali berada di level normal pada tahun depan.


"Kita harapkan 2021 akan lebih back to normal," katanya.

Selain mengeluarkan berbagai kebijakan relaksasi dan stimulus, Wimboh mendorong pemerintah untuk segera mengucurkan berbagai anggaran belanja negara, guna menggairahkan kembali permintaan terhadap kredit perbankan.

"Ini akan memberikan amunisi yang cukup kuat untuk domestic demand," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/07/23/125232226/ojk-proyeksi-pertumbuhan-kredit-sampai-akhir-2020-hanya-4-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke