Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menaker Ingin Pastikan TKA China Sesuai RPTKA dan Terapkan Protokol Kesehatan

Dia ingin mengamati langsung para tenaga kerja asing (TKA) China yang bekerja pada proyek tersebut apakah sesuai dengan rencana penggunaan tenaga kerja asing (RPTKA) oleh perusahaan.

"Pagi ini saya melihat langsung proyek strategis nasional (PSN) yaitu proyek kereta cepat yang dimulai dari Jakarta-Bandung, dikelola oleh KCIC (Kereta Cepat Indonesia-China). Kedatangan saya yang pertama, ingin memastikan bahwa pemberian izin tenaga kerja asing sesuai dengan RPTKA yang diajukan ke Kementerian Ketenagakerjaan," katanya di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Tujuan selanjutnya kedatangannya dalam proyek tersebut adalah ingin memastikan perusahaan menerapkan protokol kesehatan serta keselamatan seluruh pekerjanya.


"Yang kedua, karena ini teknologi tingkat tinggi maka ingin memastikan keselamatan kerja (K3) bagi para pekerja di sini," ujarnya.

Tak hanya itu, Ida ingin memastikan para TKA China tersebut telah menyalurkan keahliannya (transfer of knowledge) kepada tenaga kerja Indonesia (TKI). Perusahaan juga membuka peluang penyaluran ilmu teknologi dengan melibatkan perguruan tinggi.

"Yang ketiga, saya ingin memastikan ada transfer of knowledge. Jadi, saya sudah mendapatkan laporan dari Pak Dirut (KCIC) ternyata transfer of knowledge tidak hanya diberikan kepada tenaga kerja yang sekarang mengerjakan proyek ini," katanya.

https://money.kompas.com/read/2020/07/27/170524226/menaker-ingin-pastikan-tka-china-sesuai-rptka-dan-terapkan-protokol-kesehatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke