Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rupiah Sore Ini Ditutup Stagnan

Mengutip data Bloomberg Selasa (28/7/2020) rupiah ditutup pada level Rp 14.535 per dollar AS atau sama dengan penutupan sebelumnya. Sepanjang hari rupiah semapt menguat pada level 14.455 pada pembukaan pagi tadi.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, penutupan rupiah yang menunjukkan angka stagnan ini terdorong oleh beberapa sentimen.

Sentimen positif muncul dari perusahaan farmasi asal Amerika Serikat (AS) Moderna, yang mengumumkan vaksin Covid-19 siap digunakan akhir tahun ini.

“Dalam uji coba sebelumnya, vaksin yang diberi nama mRNA-1273 mampu meningkatkan antibodi relawan ke level lebih tinggi ketimbang pasien yang sembuh dari serangan virus corona.

Jika uji coba tahap III sukses, terbukti vaksin aman dan efektif, maka tinggal menunggu restu dari otoritas kesehatan,” kata Ibrahim.

Selanjutnya, sentimen pergerakan rupiah hari ini terdorong oleh rencana rencana Federal Open Market Committee (FOMC) yang akan menggelar rapat bulanan untuk menentukan suku bunga acuan.

Diproyeksikan, probabilitas Federal Funds Rate akan bertahan pada 0 sampai dengan 0,25 persen atau tidak ada ruang sama sekali untuk perubahan.

Selain itu, Federal Reserve juga getol menggelontorkan uang ke pasar dengan membeli obligasi, baik yang diterbitkan pemerintah maupun korporasi. Tingginya permintaan membuat harga obligasi di AS naik.

Dari sisi domestik, pemulihan ekonomi nasional sangat tergantung pada penanganan pandemi Ccovid-19 dan aktifitas ekonomi di semester II.

Apabila penanganan tersebut efektif dan berjalan seiring dengan pembukaan aktivitas ekonomi, maka ekonomi bisa pulih pada kuartal ke-3 dengan pertumbuhan positif antara 0,4 persen sampai dengan 1 persen. Sementara di kuartal ke-4 akan akselerasi antara 2 persen sampai dengan 3 persen.

“Kalau skenario ini bisa dijalankan maka ekonomi Indonesia secara keseluruhan tahun ini akan tetap berada di zona positif dan ketakutan pasar bahwa Indonesia akan menuju jurang resesi akan sirna dengan sendirinya, karena fundamental Indonesia saat ini masih cukup stabil dibandingkan fundamental masa orde baru yaitu 1998,” jelas dia.

https://money.kompas.com/read/2020/07/28/165548626/rupiah-sore-ini-ditutup-stagnan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke