Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indeks Harga Perdagangan Besar Turun 0,08 Persen

Dengan begitu, IHPB tahun kalender (year to date/ytd) terjadi inflasi 0,68 persen dan secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 0,81 persen.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, ada beberapa sektor yang mengalami deflasi, antara lain pertanian, konstruksi, dan industri. Pertanian mencatat deflasi 0,38 persen.

"Ini karena adanya penurunan berbagai komoditas yang mirip dengan Indeks Harga Konsumen (IHK), seperti penurunan bawang merah, bawang putih, dan beberapa komoditas lainnya," kata Suhariyanto dalam konferensi video, Senin (3/8/2020).

Sementara industri, terjadi deflasi 0,02 persen. Komoditas yang mendorong deflasi yaitu gula pasir dan harga ayam ras.

Tak luput, IHPB bahan bangunan atau konstruksi terjadi deflasi 0,01 persen. Deflasi terjadi untuk kategori bangunan pekerjaan umum untuk jalan, jembatan, dan pelabuhan.

Komoditas yang mengalami penurunan harga, antara lain, besi beton turun 0,66 persen, rangka atap baja turun 0,71 persen, kayu gelondongan, kayu koso, hingga aspal ikut menurun.

"Jadi kalau kita lihat memang sektor konstruksi selama triwulan II agak terpukul karena adanya pandemi Covid-19. Ketika permintaan berkurang, bisa dipahami beberapa kelompok mengalami penurunan harga," pungkas Kecuk.

https://money.kompas.com/read/2020/08/03/141510826/indeks-harga-perdagangan-besar-turun-008-persen

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke