Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitra UMKM Terdampak Pandemi, Ini Inisiatif yang Dilakukan Unilever

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat dari mewabahnya virus corona, banyak pelaku UMKM yang terpukul lantaran lesunya aktivitas ekonomi. 

Direktur Integrated Operations PT Unilever Indonesia Tbk Enny Hartati Sampurno mengatakan, melihat banyaknya mitra merchant yang berasal dari UMKM yang ikut terpukul, perseroan memiliki berbagai program agar bisa membantu para mitranya.

"Banyak dari mitra kami yang juga ikut terpukul karena pandemi ini. Untuk itu kami memiliki berbagai program besar digitalisasi untuk UMKM," ujarnya dalam webinar Gotong-royong #JagaUMKM Indonesia yang disiarkan secara virtual, Selasa (11/8/2020).

Program pertama, kata dia, adalah memberikan pendampingan terhadap minimarket lokal. Enny mengakui di Indonesia masih banyak ditemukan minimarket lokal yang dibuka secara independen dan pemiliknya berasal dari lokal atau pelaku UMKM.

Menurutnya, usaha yang dijual oleh minimarket lokal ini sudah berbentuk seperti minimarket, namun pengelolaanya masih tradisional, sehingga ia berpendapat para mitranya merasakan kesulitan dalam memutar uang untuk modal.

"Bayangkan saja mereka konsepnya sudah seperti minimarket tapi pengelolaanya masih tradisional, mereka belum memiliki pencatatan barang yang masuk berapa dan barang keluar berapa, harusnya catatan seperti ini harus ada. Makanya hal-hal kecil ini melalui pendampingan terus kita berikan," jelasnya.

Enny juga menyebutkan, program ini sudah lama berjalan sejak tahun 2016, namun pihaknya masih terus melakukan pendampingan ini hingga para mitranya bisa benar-benar merasakan manfaatnya.

Program yang kedua adalah meluncurkan aplikasi SahabatWarung. Dia menjelaskan, aplikasi ini merupakan salah satu cara memudahkan para mitranya untuk mendapatkan produk-produk yang dimiliki oleh Unilever.

"Biasanya memang setiap Minggu itu ada sales kita yang turun ke warung-warung mitra kita untuk membawa produk-produk kita, nah sekarang dengan adanya aplikasi ini mereka bisa order langsung produk-produk kita secara online. Enggak perlu nunggu sales-nya lagi," katanya.

Dia juga mengakui ada tantangan dalam pengoperasian aplikasi ini, lantaran banyak pelaku UMKM yang belum terbiasa melakukan pemesanan secara online.

Untuk itu, perseroan pun mendatangkan salah satu petugas yang khusus memberikan pendampingan mengenai cara memesan produk Unilever melalui aplikasi ini.

"Kita berharap dengan adanya pendampingan, mereka bisa berbelanja secara repeat sebanyak 4 kali sehingga dengan begitu biasanya bisa dipastikan habit mereka berbelanja dari aplikasi ini bisa terbentuk. Untungnya untuk mereka juga kok, enggak perlu harus menunggu lama kalau mau mendapatkan produk-produk Unilever kalau mau dijual," jelas dia.

https://money.kompas.com/read/2020/08/11/153900726/mitra-umkm-terdampak-pandemi-ini-inisiatif-yang-dilakukan-unilever

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke