Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Tahapan Pengujian Vaksin Covid-19 yang Dilakukan Bio Farma

Penyuntikan vaksin tersebut akan dilakukan bertahap. Untuk gelombang pertama akan dilakukan di minggu kedua Agustus ini, tes vaksin diterapkan kepada 120 subjek relawan.

Uji berikutnya akan digelar pada minggu ketiga dan minggu keempat Agustus dan akan disuntikan kepada masing-masing 144 relawan. Sehingga, diperkirakan pada awal September, sebanyak 408 relawan sudah menjalani tes vaksin.

Penyuntikan dan pemantauan pasien uji klinis tahap III dilakukan terus menerus dan akan berlangsung hingga minggu ketiga di Desember 2020 dengan total 1.620 relawan. Atas dasar itulah, mayoritas relawan merupakan warga Bandung, karena mereka harus terus dimonitor, diperiksa, dan menjalani analisa rutin dalam menilai efektifitas vaksin.

“Saya berterima kasih kepada para relawan, tim laboratorium Bio Farma dan Sinovac, serta Universitas Padjadjaran yang bisa mewujudkan tahapan krusial ini. Kini kita tunggu enam bulan ke depan,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya, Selasa (11/8/2020).

Uji klinis tahap III merupakan tahapan yang perlu dilalui semua produk farmasi termasuk obat-obatan dan vaksin sebelum diproduksi secara massal.

Bio Farma menyatakan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) RI sudah mengetahui hasil positif dari tahapan uji klinis vaksin Covid-19, mulai dari uji pre-klinis, uji klinis tahap 1 dan uji klinis tahap 2 yang dilakukan di China.

“Tidak banyak negara atau lembaga penelitian yang sudah mencapai uji klinis hingga tahap ini," kata pria yang juga menjabat Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini.

https://money.kompas.com/read/2020/08/11/155451726/ini-tahapan-pengujian-vaksin-covid-19-yang-dilakukan-bio-farma

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke