Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dukung UMKM, BGR Logistics Luncurkan Aplikasi untuk Warung

JAKARTA, KOMPAS.com - BUMN penyedia jasa logistik PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics meluncurkan dua aplikasi pangan sekaligus.

Kedua aplikasi tersebut adalah aplikasi Warung Pangan dan Mitra Warung Pangan.

Aplikasi ini dibuat untuk mendukung program #belanjadiwarungtetangga yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UKM untuk pemulihan perekonomian UMKM di Indonesia yang terdampak negatif pandemi Covid-19.

Victoria Br Simanungkalit, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM menyampaikan, aplikasi Warung Pangan dapat dijadikan sebagai solusi kemudahan berbelanja masyarakat di tengah pandemi ini.

Selain itu, aplikasi ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam membangun pola pikir digital di kalangan pelaku UMKM, untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam mengakselerasi roda perekonomian usahanya.

"Sehingga, lebih banyak pelaku UMKM yang masuk ke dalam ekosistem digital," kata Victoria dalam keterangan tertulis, Kamis (13/8/2020).

Imam Paryanto, Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN menyebut, BUMN Klaster Pangan berkontribusi dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk penguatan ekosistem usaha, khususnya dengan petani, nelayan, petambak, peternak serta koperasi dan UKM.

BUMN KLaster Pangan, khususnya oleh BGR Logistics, melalui aplikasi Mitra Warung Pangan dan aplikasi Warung Pangan dapat memperkuat added-value, demand-supply chain dari end-to-end (dari petani/nelayan/peternak) kepada masyarakat melalui Warung Pangan (koperasi & UKM).

"Aplikasi Mitra Warung Pangan dan aplikasi Warung Pangan merupakan bentuk dari sistem rantai nilai dengan pemanfaatan teknologi informasi yang mempermudah akses dan transaksi secara online dan akuntabel," jelas Imam.


Aplikasi Mitra Warung Pangan dan Warung Pangan digagas sejak April 2020 untuk mempermudah UMKM atau pemilik warung dalam mendapatkan stok bahan pangan dengan harga yang stabil.

Ketersediaan stok pangan untuk mitra atau pemilik warung dapat terus terjaga dan harganya stabil sehingga mereka dapat menjual bahan pangan dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar.

"Aplikasi ini juga mempermudah masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan yang mereka butuhkan dengan harga yang murah melalui handphone saja. Hal ini sejalan dengan program dari Kementerian Koperasi & UKM yang mencanangkan program #belanjadiwarung tetangga," sebut M Kuncoro Wibowo, Direktur Utama BGR Logistics.

https://money.kompas.com/read/2020/08/13/154246026/dukung-umkm-bgr-logistics-luncurkan-aplikasi-untuk-warung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke