Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Petani Binaan Dompet Dhuafa Panen Perdana

JAKARTA, KOMPAS.com - Program ketahanan pangan yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa melakukan panen perdana.

Panen perdana tersebut dilakukan serempak di lahan seluas 50 hektare, melibatkan hampir 2.000 penerima manfaat.

Panen tanaman padi tersebut adalah hasil kolaborasi Dompet Dhuafa melalui Social Trust Fund (STF) di Pondok Pesantren Alam (PPA) Al Muhtadin Sukabumi, Jawa Barat. 

Proyek tersebut merupakan bagian dari Program Ketahanan Pangan berbasis Masyarakat Pesantren dan Petani Binaan yang dikembangkan oleh Dompet Dhuafa.

Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Nasyith Majidi mengatakan, kerja sama tersebut mencakup luas kurang lebih 50 hektare sawah irigasi di Desa Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat, dengan sepuluh kelompok tani binaan yang setiap kelompok terdiri atas 10-20 kepala keluarga.

“Dengan hasil maksimal per hektar di kisaran 6-7 ton sekali panen dalam kurun tiga bulan, maka diperkirakan bisa produksi tiga kali atau sekitar 1.050 ton per tahunnya. Semuanya dikelola oleh para santri dan petani pemberdaya,” ujar Nasyith dalam keterangan tertulis, Jumat (14/8/2020).

Nasyith menambahkan, Dompet Dhuafa merencanakan ke depannya bakal melaksanakan program pengembangan pertanian (pangan) berbasis pesantren sekitar 1.000 hektare.

"Setelah panen padi 50 hektar di Pesantren Al Muhtadin ini selesai, insya Allah akan dilanjutkan dengan program yang sama, yaitu seluas seribu hektar di beberapa daerah,” jelas Nasyith.

https://money.kompas.com/read/2020/08/14/185143426/petani-binaan-dompet-dhuafa-panen-perdana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke