Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bentuk Klaster BUMN Pariwisata, Erick Thohir: Bukan untuk Bunuh Pesaing

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah membentuk 12 klaster BUMN. Salah satunya adalah klaster BUMN pariwisata.

Klaster tersebut terdiri dari BUMN penerbangan, pengelola bandara, pengelola hotel dan pengelola pusat perbelanjaan seperti PT Sarinah (Persero).

“Di mana kita menggabungkan delapan BUMN menjadi kekuatan supply chain yang luar biasa, tanpa memusuhi atau merusak ekosistem, kerja sama kita dengan pihak swasta, UMKM, BUMN, BUMDes dan lain-lain,” ujar Erick, Selasa (18/8/2020).

Erick memastikan, pembentukan klaster BUMN parawisata tersebut bukan untuk “membunuh” para pesaingnya.

Dia ingin pembentukan klaster tersebut bisa membuat ekosistem bisnis yang baik.

“Bukan berarti kita gabungkan Garuda, airport, hotel, Sarinah, kita ingin membunuh pesaing seperti Lion Air atau hotel-hotel swasta atau asing, tapi ini menjadi bagian bagaimana kita bangun ekosistem yang sehat,” kata Erick.

Mantan bos Inter Milan itu berharap, dengan pembentukan klaster ini bisa membangun sinergitas antar BUMN. Dengan begitu, BUMN bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya.

“Sama dengan Sarinah, tanpa dukungan klaster yang terjadi tidak mungkin Sarinah buka juga tempat di airport untuk dukung UMKM,” ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2020/08/18/175800926/bentuk-klaster-bumn-pariwisata-erick-thohir--bukan-untuk-bunuh-pesaing

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke