Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menkop Teten: Presiden Minta Ekspor UMKM Naik Dua Kali Lipat

Oleh sebab itu, dirinya diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan ekspor produk UMKM bisa naik dua kali lipat di tahun 2024.

"Jadi inilah nanti target kita memang, Pak Presiden menargetkan kita menaikkan volume ekspor kita dari 14 persen saat ini menjadi dua kali lipat di akhir 2024," ujarnya dalam peresmian Sekolah Ekspor secara virtual, Rabu (19/8/2020).

Namun, karena adanya pandemi yang memukul perekonomian seluruh dunia, Teten mengaku bakal merivisi target ini. Ia akan menyesuaikan dengan kondisi ekonomi global yang tentunya tingkat permintaan tengah menurun.

"Cuma gara-gara pandemi ini kita memang harus mengukur lagi target-target kita yang lebih realistis, yak pokoknya tetap naik lah diatas 14 persen," ungkapnya.

Upaya untuk meningkatkan pasar di luar negeri dilakukan Teten dengan membuat Sekolah Ekspor yang menjadi wadah bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitasnya. Program ini akan menyediakan beragam pelatihan bagi para pelaku usaha meningkatkan kulitas produk hingga cara masuk ke pasar global.

"Ini terhubung dengan ekosistem yang memungkinkan ekspor itu bisa kita genjot, seperti dengan lembaga pembiayaan, bea cukai, hingga teman-teman diaspora," imbuh dia.

Upaya lain yang dilakukan pemerintah juga dengan fokus pada produk-produk UMKM yang memiliki banyak peminat di luar negeri. Misalnya produk di sektor perikanan dan furnitur.

https://money.kompas.com/read/2020/08/19/221000526/menkop-teten--presiden-minta-ekspor-umkm-naik-dua-kali-lipat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke