Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Hindari "Latte Factor", Ini 5 Cara Menjadi Orang Kaya

Namun menurut Grant Cardone, seorang wirausahawan sukses dan penulis terlaris New York Times, mengurangi latte factor harian tersebut tidak membuat orang menjadi miliarder.

"Jika kamu tidak memiliki penghasilan, maka tidak ada uang untuk ditabung. Jangan biarkan siapa pun memberi kamu nasihat untuk melewatkan ngopi di Starbucks dan mengubahnya jadi keberuntungan," katanya mengutip CNBC, Senin (24/8/2020).

Memang mengurangi latte factor harian membuat kamu hemat puluhan ribu bahkan jutaan rupiah dalam lima tahun ke depan. Tapi jutaan rupiah itu tidak akan membuat kamu jadi kaya.

Jika serius ingin kaya, kamu perlu memfokuskan pikiran pada pendapatan. Tingkatkan penghasilan secukupnya sehingga kamu dapat menabung dengan nominal tertentu.

Berikut ini adalah 5 tips non-fiksi yang dapat digunakan untuk membuat kamu berstatus jutawan:

1. Investasi pada diri sendiri

Orang sukses biasanya menginvestasikan waktu, energi, dan uang untuk meningkatkan potensi diri mereka sendiri.

"Seorang pria pernah berkata kepada saya, Cara terbaik untuk membantu orang yang membutuhkan adalah dengan tidak menjadi seseorang yang membutuhkan.' Jadi, bantulah diri sendiri sehingga kamu berada dalam posisi untuk membantu orang lain," kata Cardone.

Cardone sendiri berinvestasi dalam pelatihan penjualan ketika berusia 25 tahun. Hal itu membuat penghasilannya meroket. Berinvestasi pada diri sendiri adalah investasi terbaik yang dapat kamu lakukan.

2. Temukan pekerjaan yang tepat

Orang sukses bisa menemukan perusahaan yang tepat di mana ada peluang untuk berkembang. Dia mengembangkan keahliannya dan mampu melipatgandakan penghasilan bulanannya berkali-kali karena dia tahu bosnya juga ingin berkembang.

"Terlalu banyak orang yang hanya mencari pekerjaan. Kamu membutuhkan pekerjaan, tetapi kamu membutuhkan kendaraan yang tepat. Dapatkan komisi daripada hanya gaji, kamu akan mengontrol berapa banyak yang kamu hasilkan," ujar dia.

3. Hebat dalam bekerja

Orang yang ingin sukses adalah orang yang sungguh-sungguh dan hebat dalam melakukan berbagai pekerjaan.

Industri atau perusahaan manapun bisa menjadi profesi yang menyakitkan bagi rata-rata karyawan yang berkinerja terbawah, tetapi akan sangat bermanfaat bagi mereka yang hebat.

Mereka yang hidup, bernafas, dan memakan pekerjaan, serta mereka yang terobsesi, mereka lah yang menjadi hebat.

"Jika kamu tidak hebat, kamu seperti kebanyakan orang. Orang sukses adalah orang yang hebat," sebut dia.


4. Dapatkan pendapatan mengalir

Kamu tidak akan kaya bila hanya mengandalkan satu pendapatan. Tingkatkan pendapatan itu dan mulailah menambahkan banyak aliran pendapatan.

Menambah pendapatan diusahakan pendapatan yang bisa mengalir. Cari cara lain untuk menambah penghasilan, namun tak meninggalkan pendapatan yang sudah kamu miliki.

"Terlalu banyak orang beralih dari satu aliran pendapatan ke aliran pendapatan kedua. Seharusnya kedua aliran pendapatan kamu harus selalu terhubung," ujar dia.

5. Menabung dan investasi

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menghemat sejumlah pengeluaran. Kemudian dapatkan pekerjaan lain sehingga kamu mendapat penghasilan tambahan.

Mendapat penghasilan tambahan dan menabung adalah dua kuncinya. Sebab kebanyakan orang hanya bisa mendapat penghasilan tambahan, namun tidak bisa menabung. Setelah kamu dapat menghasilkan dan menabung, maka kamu dapat mulai membangun kekayaan.

"Saya akan merekomendasikan real estat multi-keluarga jika kamu konservatif seperti saya. Saya tidak pernah ingin menjadi kaya dengan cepat, tetapi saya memang ingin menjadi kaya," sebut Cardone.

https://money.kompas.com/read/2020/08/24/090300226/bukan-hindari-latte-factor-ini-5-cara-menjadi-orang-kaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke