Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Rincian BLT yang Diberikan ke 1 Juta Pengusaha Mikro Tahap I

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan bantuan BanPres Produktif ini telah disalurkan kepada sebanyak 1 juta penerima manfaat.

Bantuan tersebut disalurkan melalui rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI). Adapun sebanyak 683.528 penerima manfaat dengan total penyaluran dana Rp 1,64 triliun disalurkan melalui BRI, dan 316.472 penerima manfaat dengan total penyaluran Rp 760 miliar lewat BNI.

"Program BanPres Produktif merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk membantu para pelaku usaha mikro menghadapi tekanan ekonomi akibat pandemi COVID-19,” ujarnya usai menghadiri acara peluncuran, mengutip siaran resminya, Senin (24/8/2020).

Ia menyebutkan hingga 19 Agustus 2020, BanPres Produktif telah disalurkan di 34 provinsi, untuk 1 juta penerima manfaat pada tahap awal, dengan total yang telah tersalurkan mencapai Rp 2,4 triliun.

Sementara itu untuk target penyaluran tahap pertama akan diberikan kepada 9,1 juta pengusaha mikro, dengan total anggaran Rp 22 triliun.

Teten berharap semua stskeholder dapat terus bersinergi dalam pelaksanaan seluruh rangkaian program PEN, seperti yang selama ini sudah terjalin sinergitas dengan beberapa Kementerian dan lembaga seperti Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Sekretaris Kabinet (Setkab), Kementerian Pertahanan (Kementan), Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM), Satgas PEN, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), OJK, Kemenkoperekonomian, BPKP, dan Dukcapil.

Sementara itu salah satu pelaku usaha mikro yang merupakan seorang pedagang minuman ringan dari Bekasi, Jawa Barat menyatakan bakal menggunakan dana tersebut untuk modal usaha.

"Bantuan Presiden ini akan saya gunakan untuk penambahan modal usaha saya," ucapnya.

Begitu pula dengan Nia Maliana Pulanga, seorang pemilik usaha kelontong di Pasir Panjang, Kupang, yang sangat terbantu oleh perhatian Presiden melalui Banpres Produktif.

"Setiap hari saya berjualan sembako, dengan adanya bantuan dari Presiden melalui Kementerian Koperasi dan UKM, saya dapat dengan sangat mudah, di mana saya dibantu oleh petugas BRI. Bantuan ini saya gunakan sebagai tambahan modal usaha untuk membeli kebutuhan toko kelontong. Terima kasih kepada pihak-pihak yang te-lah membantu saya, terutama Bapak Presiden, semoga selalu diberi kesehatan," katanya.

https://money.kompas.com/read/2020/08/24/161600726/ini-rincian-blt-yang-diberikan-ke-1-juta-pengusaha-mikro-tahap-i

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke