Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selama Pandemi Jumlah Pelaku UMKM yang Masuk ke Ekosistem Blibli Meningkat Hingga 7 Kali Lipat

Kenaikan jumlah seller telah bergabung ke ekosistem Blibli mencapai 7 kali lipat dari biasanya.

Dia bilang angka ini mulai terlihat sejak Blibli meluncurkan sebuah sub-kategori baru di platform mereka yang khusus menjajakan produk-produk dari berbagai UKM asli Indonesia, yaitu Galeri Indonesia.

"Semenjak ada Galeri Indonesia di platfrom kita, selama pandemi ini ada 7 kali lipat jumlah mitra kami yang berasal dari UMKM bergabung," ujarnya dalam acara Market Update Golden Moment yang disiarkan secara virtual, Selasa (25/8/2020).

Menurutnya dengan adanya pertumbuhan ini bisa meningkatkan pembelanjaan serta kepercayaan para konsumen dalam berbelanja di Blibli. Belum lagi sejak Galeri Indonesia diluncurkan, produk-produk lokal buatan UMKM juga terus meningkat.

"Kita kan gencar mempromosikan produk-produk lokal buatan UMKM, mungkin mereka mulai tertarik dan mencoba. Setelah mencoba mereka merasa cocok dan akhirnya mulai membeli terus-menerus produk buatan UMKM kita," jelasnya.

Selain produk UMKM, Kusumo bilang ada beberapa kategori lain yang penjualannya ikut meningkat selama pandemi, salah satunya adalah produk groceries.

Untuk produk groceries, disebutkan dia, telah meningkat sebanyak 6 kali lipat.

"Termasuk sayur-mayur, daging dan kebutuhan pokok itu juga naik di kita," jelasnya.

Selain itu, produk yang berkesinambungan dengan kesehatan juga masih banyak diminati masyarakat. Sementara untuk produk aksesoris-aksesoris seperti barang elektronik dan make-up serta produk olahraga juga mulai tampak adanya peningkatan.

https://money.kompas.com/read/2020/08/25/192559926/selama-pandemi-jumlah-pelaku-umkm-yang-masuk-ke-ekosistem-blibli-meningkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke