Salin Artikel

BP Tapera Pastikan Manajer Investasi yang Kelola Dana Akan Diawasi OJK

Sebab, manajer investasi tersebut di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga kegiatan yang dilakukan oleh mereka harus dilaporkan.

"Untuk menjawab keraguan masyarakat tentang bagaimana nanti duitnya, apa manajer investasi bisa mengelola dengan baik?. Mereka adalah profesi yang disupervisi oleh otoritas," jelasnya dalam webinar virtual, Jumat (28/8/2020).

"MI adalah sekelompok profesi harus melaporkan kegiatannya kepada OJK karena ada terikat dalam kontrak investasi kolektif," lanjut Gatut.

Secara kelembagaan, mulai dari perencanaan sampai pengawasan, sebenarnya sudah ditata sedemikian rupa sehingga akan bisa menghindari kekhawatiran yang ada di masyarakat.

Seperti diketahui, BP Tapera akan melibatkan 7 manajer investasi yang bakal ditunjuk. Namun, saat ini masih tahap perumusan pedoman investasi yang diperuntukkan bagi manajer investasi.

BP Tapera nantinya tak hanya mengelola dana perumahan bagi pegawai negeri sipil (PNS), melainkan juga perusahaan.

Di dalam Pasal 7 PP Nomor 25 Tahun 2020 dijelaskan, dana Tapera berasal dari pekerja yang gajinya dipotong, meliputi PNS dan ASN, Anggota TNI/ Polri termasuk prajurit siswa TNI, pejabat negara, pekerja BUMN, BUMD, BUMDes, juga termasuk pekerja swasta.

https://money.kompas.com/read/2020/08/28/213100526/bp-tapera-pastikan-manajer-investasi-yang-kelola-dana-akan-diawasi-ojk

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.