Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peran Fintech Dinilai Semakin Penting di Tengah Pandemi

Kemudahan, keamanan, dan fleksibilitas pembayaran yang dihadirkan fintech dinilai mampu meningkatkan kepercayaan konsumen Indonesia dalam berbelanja online.

“Komitmen untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui berbagai inovasi akan mampu untuk meningkatkan pertumbuhan transaksi di e-commerce,” kata Lily melalui siaran media, Selasa (1/9/2020).

Lily mengatakan, sebagai platform kredit digital yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lebih dari 70 persen porsi transaksi Kredivo berasal dari e-commerce.

Dari catatannya, terjadi peningkatan frekuensi pembelian di e-commerce pada Semester I-2020. Khususnya pada barang-barang kebutuhan pokok seperti makanan, pulsa, voucher, home appliances, produk kesehatan dan kecantikan, serta produk penunjang hobi dan olahraga.

“Kami terus mengedukasi konsumen untuk bijak dalam bertransaksi, baik dalam jumlah maupun tujuan peminjaman yang harus sesuai dengan kebutuhan dan anggaran,” ungkap Lily.

Peningkatan jumlah transaksi juga sejalan dengan riset yang dilakukan Kredivo bersama Katadata Insight Center yang menunjukkan konsumen semakin yakin bertransaksi dalam nominal besar.

Keyakinan tersebut terlihat dari rata-rata nilai transaksi di e-commerce yang meningkat dari tahun 2018 ke 2019 di 13 kategori produk seperti komputer dan aksesorisnya.

Di sisi lain, tren kepercayaan pada transaksi online membuat anak muda mengalokasikan lebih banyak pendapatannya untuk belanja online.

Riset yang sama juga menunjukkan konsumen di rentang usia 18-35 tahun mengalokasikan 4,7 - 5,1 persen dari pendapatannya untuk belanja online. Sementara itu, konsumen berusia di atas 35 tahun membelanjakan 3,6 – 4,3 persen dari pendapatannya per bulan.

https://money.kompas.com/read/2020/09/01/173000726/peran-fintech-dinilai-semakin-penting-di-tengah-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke