Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rupiah Dibuka Melemah Tipis Pagi Ini

Melansir Bloomberg, pukul 09.06 WIB rupiah dibuka melemah pada level Rp 14.765 per dollar AS, atau turun 20 poin (0,14 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.745 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan pelemahan rupiah hari ini terdorong oleh sentimen ekternal, dimana ekonomi AS mulai membaik yang mendorong penguatan mata uang negara tersebut.

“Dollar AS masih terlihat menguat terhadap nilai tukar mata uang negara lainnya, karena sentimen pemulihan ekonomi di AS dengan membaiknya data aktivitas manufaktur di AS,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston menilai, hal ini bisa menjadi salah satu faktor pendorong pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS hari ini.

Selain itu, sentimen dalam negeri yang mendorong pelemahan rupiah adalah deflasi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi deflasi pada Agustus 0,01 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Ariston juga mengatakan, isu burden sharing juga menjadi sentimen negatif di pasar keuangan. Burden sharing merupakan skema percepatan pemulihan ekonomi nasional karena dampak Covid-19 dengan cara memperkuat kerja sama antara pemerintah dan Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan.

Di sisi lain, reli yang terjadi di bursa saham emerging markets secara tidak langsung bisa menahan pelemahan rupiah terhadap dollar AS.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.650 per dollar AS sampai dengan Rp 14.850 per dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2020/09/03/100458826/rupiah-dibuka-melemah-tipis-pagi-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke