Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sebulan, Sampoerna Donasi 7 Mesin PCR

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk mendonasikan mesin berteknologi reaksi rantai polimerase atau PCR beserta kelengkapannya. Bantuan ini diharapkanqt turut mempercepat proses penanganan pandemi Covid-19.

Direktur HM Sampoerna Elvira Lianita menjelaskan, sepanjang periode Agustus-September 2020, perseroan telah menyerahkan 7 mesin PCR beserta kelengkapannya.

Adapun pada awal pekan ini, perseroan menyerahkan satu mesin PCR kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sebelumnya, Sampoerna telah memberikan mesin PCR beserta kelengkapannya kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Pemerintah Kota Malang, Pemerintah Kota Surabaya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga Surabaya.

Elvira menyebut,nmesin PCR yang didedikasikan kepada para tenaga medis dan warga Jabar tersebut mampu memeriksa lebih dari 60 spesimen Covid-19 per jam.

Bantuan ini, imbuhnya, merupakan komitmen Sampoerna, sebagai salah satu warga usaha di Jabar, dalam mendukung Pemprov Jabar dalam mengurangi penyebaran Covid-19.

"Kami berharap bantuan ini dapat turut mempercepat pemeriksaan sampel usap terhadap warga Jabar. Dengan demikian, warga yang tidak terpapar Covid-19 dapat segera beraktivitas kembali," ujar Elvira dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/9/2020).

Adapin sejalan dengan imbauan Pemprov Jabar serta Pemkab Karawang, Elvira mengatakan Sampoerna secara konsisten turut mensosialisasikan serta memastikan fasilitas produksi Sampoerna di Jawa Barat menerapkan kebiasaan baru.

Ini mulai dari metode jaga jarak (physical distancing) secara ketat, mendesain ulang area produksi menjadi sistem unit kecil berkapasitas maksimal 40 karyawan sehingga mempermudah pelacakan ketika diperlukan, serta mewajibkan karyawan mengganti masker setiap 4 jam sekali.

"Tak hanya itu, Sampoerna juga menyediakan hand sanitizer di setiap sudut fasilitas produksi," terang dia.

Sampoerna juga menyediakan vitamin/susu/makanan sehat, serta memberikan hand sanitizer dan masker yang dapat digunakan di luar pabrik, sehingga mereka dapat tetap menerapkan pola hidup sehat di luar pabrik.

https://money.kompas.com/read/2020/09/05/185021926/sebulan-sampoerna-donasi-7-mesin-pcr

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke