Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Investasi Saham? Ini Saran BEI

Asisten Wakil Presiden Bursa Efek Indonesia (BEI) Rina Hadriyani memberikan sejumlah saran bagi para investor yang tertarik dengan pasar modal. Menurutnya, investasi di saham bukan berarti ikut-ikutan dengan portofolio teman.

Ia bilang, sebelum membeli saham, investor harus menganalisa kinerja perusahaan yang banyak tersedia keterbukaan informasi BEI, serta melihat pergerakkan saham emiten tersebut selama ini.

"Selain kesiapan dan juga jangan hanya ikut-ikutan saja, kita harus punya sikap bahwa kita mengerti terkait dengan saham yang kita beli. Lihat sahamnya bagaimana, layak enggak perusahaan ini sahamnya dibeli, lihat historical sahamnya," ujar dia dalam webinar mengenai wirausaha Selasa (8/9/2020).

Selain itu, saat ingin membeli saham perusahaan yang baru akan melantai di BEI, investor juga perlu cermat terhadap prospektus perusahaan tersebut. Hal ini akan dipaparkan calon emiten dalam paparan publik, mencakup visi-misi perusahaan, proyeksi bisnis, hingga rencana pembagian dividen.

"Hal-hal semacam itu yang harus teman-teman perhatikan. Buat investor yang masuk ke pasar modal, baca informasi-informasi yang dikeluarkan oleh perusahaan tercatat tersebut," kata dia.

Lagi-lagi investasi tak hanya berdasarkan opini orang lain, tetapi karena memang mengetahui kondisi emiten tersebut. Ini untuk menghindari potensi kerugian yang sangat besar.

"Jadi jangan ikutan, tapi enggak pelajari perusahannya gimana. Kalau misalnya ternyata sahamnya jelek atau turun jauh banget, akhirnya menyalahkan otoritas bursa, padahal sudah diberi kesempatan baca protektus dan menilai perusahaan itu sendiri," kata Rina.

Di sisi lain, ia juga menekankan dalam berinvestasi para investor harus tidak serakah. Dalam artian, ketika portfolio saham yang dimiliki sudah menunjukkan keuntungan, jangan tiba-tiba melakukan aksi ambil untung secara berlebihan.

https://money.kompas.com/read/2020/09/09/065321026/mau-investasi-saham-ini-saran-bei

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke