Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kurs Rupiah Melemah Pagi Ini

Melansir Bloomberg pukul 09.08 WIB, rupiah dibuka melemah pada level Rp 14.800 per dollar AS, atau turun 35 poin (0,24 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.765 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan pelemahan rupiah ini terjadi akibat koreksi yang cukup dalam terhadap saham-saham teknologi AS. Index acuan saham teknologi AS, Nasdaq kemarin ditutup turun tajam 4,11 persen atau 465,4 poin.

“Sell off di bursa saham AS semalam terutama di Nasdaq dan masih memanasnya konflik AS dan Tiongkok berpotensi menjadi sentimen negatif untuk risk asset termasuk rupiah hari ini,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston mengatakan, pelaku pasar mungkin mengikuti arus pagi ini dengan keluar dari aset berisiko setelah penurunan dalam Nasdaq semalam.

Kondisi ini semakin diperparah oleh hubungan AS dan China yang semakin memanas akibat respons China mengenai usulan AS membatasi ekspor produk semikonduktor.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.650 per dollar AS sampai dengan Rp 14.850 per dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2020/09/09/093444226/kurs-rupiah-melemah-pagi-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke